Blog Tentang Pengetahuan dan Dunia Pendidikan

Friday, October 24, 2014

Jok Mobil Ini Mampu Deteksi Serangan Jantung

Jok Mobil Ini Mampu Deteksi Serangan Jantung

Beberapa waktu yang lalu ketika admin membuka handphone dan update berita disebuah kabar berita terkenal di Indonesia, admin sangat tertarik dengan yang satu ini. Bagaimana tidak, sebuah inovasi dalam teknologi ini menurut admin sangat bermanfaat sekali. Ya, topik yang akan kita bahas kali ini adalah Jok mobil ford mampu medeteksi seranga jantung pemakainya.

Semua orang saya rasa jawabannya akan sama ketika ditanya, maukah kamu mendapat seranga jantung. Ya, serangan jantung merupakan salah satu faktor penyebab kematian yang masih cukup dominan diseluruh dunia. Serangan jantung ini, hanya dalam waktu sekejap saja sudah dapat membuat penderitanya meninggal dunia.

Jok mobil ford mampu deteksi serangan jantung

Namun ternyata hal ini justru menjadi salah satu bahan inovasi oleh produsen mobil terkenal didunia, yaitu Ford. Baru - baru ini, Ford menyertakan fitur pendeteksi serangan jantung bagi pemakainya. Mereka sangat percaya bahwa, penyertaan fitur ini dapat membuat penjualan produknya laku keras. Beirkut ini seperti yang dilansir dalam Autoexpress (Rabu, 22/10/2014).

Kursi (jok) ajaib ini sengaja menyertakan fitur ini dalam mobil produksinya agar kendaraan produksi mereka dapat berhenti dengan aman ketika seorang pengemudinya terkena serangan jantung. Ford yakin inovasinya ini akn membuat penjualan produknya meningkat, walaupun konsumen harus dikenai biaya tambahan. Mereka yakin, pasalnya fitur tersebut merupakan sebuah bentuk pencegahan dari serangan jantung saat mengemudi kendaraan (mobil).

jok mobil ford
Uji Coba Jok Mobil Ford | www.otomotif.liputan6.com

Cara kerja dari fitur ini adalah dengan menggunakan sebuah sensor elektrodiograf dikursi yang berfungsi untuk mendeteksi detak jantung pengemudinya ketika detak jantungya sudah mulai tidak teratur. Selanjutnya kursi ini dikombinasikan dengan sebuah kamera yang mampu mendeteksi posisi duduk pengemudi yang akan memlorot ketikan terkena serangan jantung. Kedua perangkat dalam fitur tersebut selanjutnya dihubungkan dengan sebuah processor untuk mengaktifkan sistem kemudi dan rem otomatis ketika pengemudinya terkena serangan jantung. Ternyata sistem pada processor ini juga dapat menghubungi paramedis untuk layanan darurat.

"Serangan jantung dan kondisi medis lainnya yang dapat menjadi penyebab utama kecelakaan. Sekitar 30 persen dari orang yang berusia diatas 65 tahun memiliki gejala ketidakteraturan jantungnya." Ujar Pim van der Jagt, Direktur Ford Research Centre.

Namun sayanganya, Ford belum dapat menykinkan kapan fiturnya ini dapat diterpakan dimobil pabrikannya secara masal.

"Teknologi seperti ini membutuhkan proses pengembangan hingga lima tahun agar dapat diproduksi" Tambah Ujar Pim van der Jagt.

Itulah informasi mengenai kursi mobil yang dapat mendeteksi seranga jantung pemakainya. Harapannya semoga fitur ini dapat segera dimasalkan, sehingga semakin kecil kecelakaan akibat serangan jantung saat bekendara. Semoga bermanfaat,

2 komentar

pertamax gan :D , udah pada canggih deh yang di luar sana ..

iya gan, Indonesia kapan ya? :D

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik artikel diatas. Terima kasih atas komentarnya