Kekurangan dan Kelebihan Teori Atom

Kekurangan dan Kelebihan Teori Atom

Berawal dari pelajaran kimia disekolah, saya terinspirasi untuk membagikan ilmu ini kepada anda semua. Ya, teori atom memang sebuah pelajaran bagi para siswa – sissi yang baru masuk SMA. Lebih lengkapnya silahkan simak saja beberapa teori berikut ini.

Apa itu atom?
Kata atom sendiri berasal dari bahasa yunani, yaitu a = tidak, dan tomos = dibagi, dengan demikian secara sederhana atom dapat diartikan tidak dapat dibagi lagi. Atom adalah sebuah bagian yang terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat unsur tersebut. Sebagai contoh, emas jika dipotong – potong sedemikian rupa maka akan diperoleh suatu bagian yang sangat kecil yang tidak dapat diabgai lagi, namunn masih tetap memiliki sifat emas. Begitu juga dengan unsur – unsur yang lainnya. Sampai disini sudah paham? Jadi pada intinya atom adalah patikel terkecil penyusun sebuah unsur. Nah, berikut adalah teori atom dari awal sampai pada atom yang sempurn aseperti yang kita kenal sekarang ini.

Teori atom

Teori atom Dalton

Tokoh : John Dalton, dia adalah seorang ahli kimia berkebangsaan Inggris.
Isi teori :

Teori atom Dalton dikemukakan berdasarkan DNA hokum, yaitu hokum kekekalan massa dan hokum perbandingan tetap. Teori atom Dalton dikembangkan mulai dari 1803 – 1808, dan didasarkan atas tiga asumsi, yaitu :
  • Setiap unsur kimia tersusun atas partikel – pertikel kecil yang tidak dapat dihancurkan dan dipisahkan yang disebut atom. Selama mengalami perubahan kimia, atom tidak dapat diciptakan dan dimusnakan.
  • Semua atom dari suatu unsur mempunyai massa dan sifat yang sama, tetapi atom – atom dari unsur yang berbeda dengan atom – atom dari unsur yang lain, baik massa maupun sifat – sifatnya berlainan.
  • Dalam senyawa kimiawi, atom – atom dari unsur yang berlainan melakukan ikatan dnegan perbandingan angka sederhana.

Kelebihan : kelebihan dari teori atom Daton adalah sebagai berikut :
  • Dia adalah orang pertama yang melibatkan kejadian kimiawi seperti halnya kejadian fisis dalam merumuskan gagasannya tentang atom.
  • Dia medasarkan asumsinya pada data kuantitatif, tidak menggunakan pengamatan kualitatif atau untung – untungan.

Kekurangan : kekurangan dari teori Dalton adalah tidak dapat menerangkan hubungan antara larutan senyawa dan daya hantar listrik.
model teori atom dalton
Model atom Dalton
Sumber : www.hanyasetengah.blogspot.com

Teori atom Thompson

Tokoh : Joseph Joh Thompson
Thompson memperbaiki kelemahan dari teori atom Dalton dan mengemukakan teori atomnya yang dikenal dnegan nama teori atom Thompson.
Isi teori : 
Teori ini menyatakan bahwa “atom merupakan bola pejal yang bemuatan positif dan didalamnya tersebar elektron yang bermuatan negatif. Model atom Thompson ini dapat anda bayangkan sebagai tori kismis dimana didalamnya tersebar elektron. Dengan ungkapan Thompson tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teori atom Thompson adalah netral.

Kelebihan : kelebihan model atom Thompson, yaitu berhasil menemukan particle yang lebih kecil dari atom yaitu elektron. Elektron ini ditemukan melalui percobaan sinar katoda.

Kekeurangan : kekurangan dari model atom Thompson yaitu tidak dapat menerangkan susunan muatan positif dan negatif dalam atom tersebut
Model teori atom thomson
Model atom Thomson
Sumber : www.fisikazone.com

Teori atom Rutherford

Tokoh : Ernest Rutherford, dan dua asistennya yaitu Geiger dan Marsden.
Isi teori
Pada tahun 1911 Ernest Rutherford mengungkapkan teorinmeodl atom yang dikenal dengan nama model atom Rutherford. Teori ini didasarkan pada percobaan penembakan partikel sinar alfa yang dilakukan oleh asisitennya. Isi teori atom Rutherford adalah sebagai berikut :
  • Atom tersusun atas inti atom yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif yang mengelilinginya.
  • Semua proton terkumpul dalam inti atom, dan menyebabkan inti atom bermuatan positif.
  • Sebagian volume atom adalah ruang kosong. hampir semua massa atom terpusat pada inti atom yang sangat kecil. Jari – jari atom sekitar 10-10m sedangkan jari – jari inti atom sekitar 10-15 m.
  • Jumlah proton dalam inti atom sama dengan jumlah elektron yang mengelilingi inti atom, sedangkan atom bersifat netral.

Kelebihan : kelebihan teori atom ini mampu menjelaskan susunan positif dan negatif pada ato serta dapat menjelaskan bahwa atom tidak berbentuk bola pejal dan sebagian besar volumenya merupakan ruang kosong.

Kekurangan : kekurangan teori ataom ini yaitu tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak dapat jatuh kedalam inti atom
model atom teori rutherford
Model atom Rutherford
Sumber : www.awiknewbiee.blogspot.com

Teori atom Bohr

Tokoh : Niels Bohr
Isi teori :
Menurut model atom bohr, elektron – elektron mengelilingi inti pada lintasan – lintasan tertentu yang disebut kulit eletron atau tingkat energy. Tingat energy paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam, semakin keluar maka semakin besar pua nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya. 

Menurut teori atom bohr, kulit pertama dalam atom di nama dengan kulit K (n=1), L(n=2), M,(n=3) dan seterusnya. Dalam model atom bohr ini dikenal istilah konfigurasu elektron, yaitu susunan elektron pada masing – masing kulit. Konfigurasi pada teori atom bohr dapat dicari dengan persamaan 2n2 dimana n adalah nomor kulit atom. Misal, pada kulit L, karena di kulit L ini n = 2, maka jika dimasukkan ke persamaan adalah 2.22 = 2.4 = 8 Jadi elektron maksimal yang dapat menempati kulit atom kedua sebanyak 8 elektron. (lebih jelasnya nanti akan dipelajari pada bab konfigurasi elektron)

Kelebihan : kelebihan teori atom bohr yaitu dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh kedalam inti atom.

Kelemahan : kelemahan dari teori atom bohr yaitu model atom ini tidak dapat menjelaskan spectrum warna dari atom yang berelektron banyak.
model atom teori bohr
Model atom Bohr
Sumber : www.sdmuhcc.net

Teori Atom Mekanika Kuantum

Model atom mekanika kuantum didasarkan atas :

  1. Electron bersifat gelombang dan partikel, oleh Louis de Broglie pada tahun 1923.
  2. Persamaan gelombang dalam atom, oleh Erwin Schrodinger pada tahun 1926.
  3. Asas ketidakpastian oleh Werner Heisenberg pada tahun 1927.

Menurut teori mekanika kuantum, electron tidak bergerak pada lintasan tertentu. Berdasarkan model atom tersebut, maka model atom mekanika kuantum adalah sebagai berikut :

  • Atom terdiri atas inti atom yang mengandung proton dan neutron. Dan electron – electron yang mengelilingi inti atom berada pada orbital – orbital tertentu yang membentuk kulit atom. Hal ini disebut konsep orbital.

Ituah teori atom sekaligus kelebihan dan kekurangannya yang dapat anda pelajari. Semoga artikel ini membantu anda dalam belajar mengenai atom. Sekian dan terima kasih.
Disqus Comments