Konsep Esensial Geografi

Berawal dari pelajaran geografi dikelas, yaitu membahas tentang konsep geografi. Selain sebagai ringkasan, saya juga berharap teman – teman admin dikelas dapat lebih paham setelah membaca penjelasan yang admin berikan kali ini. kali ini admin akan membahas tentang konsep esensial geografi.

konsep esensail geografi
Jika di Bogor turun hujan deras, maka Jakarta akan banjir.
Konsep keterkaitan ruang | www.radarcirebon.com 
Studi geografi merupakan sebuah studi keruangan tentang gejala – gejala atau fenomena geografi. Oleh karena manusia juga salah satu unsur dalam gejala geografi, maka studi geografi juga berfokus pada gejala – gejala nyata dalam kehidupan manusia. Gejala geografi tersebut merupakan sebuah hasil keseluruhan interelasi keruangan antara faktor fisik dan faktor manusia. Dari hasil tersebut maka terbentuklah pola abstrak terhadap permasalahan yang dikaji. Pola abstrak tersebut berkenaan dengan gejala geografi yang konkret, maka dari itu disebut juga dengan konsep geografi.

konsep dasar geografi

Konsep dasar dalam geografi terhadap kajian geografi fisik, geografi social, maupun geografi regionl. Seorang geograf dari Indonesia, Nathanael Daldjoeni merumusakn konsep – konsep dasar geografi menjadi sebagai berikut :

  1. Penghargaan budaya terhadap bumi.
  2. Konsep regional.
  3. Interelasi wilayah.
  4. Lokalisasi.
  5. Interaksi keruangan.
  6. Skala wilayah.
  7. Konsep perubahan.


Konsep esensial geografi

Seiring dengan perkembangan kajian dan pendidikan geografi di Indonesia, para geograf dalam seminar dan lokakarya (SEMLOK) ikatan geografi seluruh Indonesia di Semarang pada tahun 1998 merumusakn 10 konsep esensial geografi yaitu sebagai berikut ini.

Konsep lokasi

Konsep lokasi sangat berkaitan erat dengan kedudukan suatu objek di permukaan bumi. Konsep lokasi ini di bedakan menjadi dua, yaitu konsep lokasi absolut ddan konsep lokasi relatif.
1. Konsep lokasi absolut yaitu lokasi suatu objek menurut garis astronomisnya, yaitu garis bujur dan garis lintang.
Contoh :

  • Letak kota Canberra (kota di Australia) terletak pada 35018’48” LS dan 14907’49”

Konsep lokasi relatif yaitu konsep lokasi suatu objel yang tergantung pada daerah sekitarnya. Konsep lokasi relative ini sifatnya berubah – ubah
Contoh :

  • Kota Tarakan pada dahulunya merupakan bagian dari provinsi Kalimatan Timut, namun sekarang kota Tarakan merupakan bagian dari provinsi Kalimantan Utara.
  • Indonesia terletak diantara dua benua, yaitu benua Asia dan Australia, serta diantara dua samudra, yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik.

Konsep jarak

Konsep jarak merupakan konsep yang menyatakan suatu ruang diantara dua objek. Konsep jarak ini dibagi menjadi dua, yaitu konsep jarak absolut dan konsep jarak relative.
Konsep jarak absolut yaitu jarak yang diukur dengan satuan panjang, misal meter atau kilometer
Contoh

  • Jarak antara Pekalongan dengan Semarang adlah 120 km.

Konsep jarak relative yaitu jarak yang tidak dikur dengan satuan panjang, melainkan dengan satuan lain misalnya adalah satuan waktu dan satuan biaya.
Contoh :

  • Jarak antara kota semarang dengan pekalongan dapat ditempuh dengan motor selama 2 jam, dan 3 jam jika menggunakan bus umum.

Konsep aksesibilitas atau keterjangkauan

Konsep aksesibilitas sangat erat hubungannya dengan kemudahan dalam menjangkau suatu objek. Hal ni menyangkut alat transportasi apa yang akan digunakan dan alat komunikasi apa yang dapat digunakan serta lain sebagainya. Konsep aksesibilitas ini dapat dipengaruhi oleh kondisi medan serta sarana dan prasarana transportasi untuk menjangkau objek tersebut
Contoh :

  • Beberapa wilayah di pedalam Papua hanya dapat diakses hanya dengan menggunakan holikopter.

Konsep pola

Konsep pola erat sekali hubungannya dengan susunan atau persebaran fenomena pada ruang muka bumi. Konsep pola ini dapat berupa gambar seperti pola pemukiman penduduk, aliran sungai, dan pola lipatan – patahan.
Contoh :

  • Pola pemukiman penduduk di pinggir pantai kebanyakan memanjang mengikuti garis pantai.

Konsep aglomerasi

Konsep aglomerasi kecenderungan pengelompokkan fenomena atau objek pada suatu wilayah dengan lata. Konsep pola ini dapat berupa gambar seperti pola pemukiman penduduk, aliran sungai, dan pola lipatan – patahan.
Contoh :

  • Pola pemukiman penduduk di pinggir pantai kebanyakan memanjang mengikuti garis pantai.

Konsep aglomerasi

Konsep aglomerasi kecenderungan pengelompokkan fenomena atau objek pada suatu wilayah. Pengelompokkan ini biasanya dilator belakangi adanya unsur – unsur yang lebih membari dampak positif dari suatu wilayah dimana mereka untuk mengelompok disitu.
Contoh :

  • Pengelompokkan wilyah industry pada suatu kota.

Konsep morfologi

Konsep morfologi yaitu bentuk uka bumi yang diakibatkan oleh proses alam dan dipengaruhi juga oleh aktivitas manusia.
Contoh :

  • Penggundulan hutan dikereng gunung merapi menyebabkan erosi didaerah tersebut.

Konsep nilai kegunaan

Konsep nilai kegunaan adalah manfaat atau kelebihan yang dimiliki suatu wiayah atau tempat. Nilai kegunaan ini bersifat reatif karena tergantung juga oleh subyak yang menggunakannya.
Contoh : 

  • Daerah pantai dengan ombak yang besar labih bermanfaat jika digunakan sebagai arena untuk berselancar.

Konsep interaksi dan interpedensi

Konsep interaksi dan interpedensi adalah suatu wilayah membutuhkan wilayah lain karena tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.
Contoh : 

  • Suatu wilayah industry membutuhkan orang dari luar wilayah tersebut untuk bekerja di industrinya.

Konsep diferensiasi wilayah

Konsep diferensiasi wilayah adalah karakteristik yang menjadi ciri khas dari suatu wilayah yang tidak dimiliki olah wilayah lain.
Contoh : 

  • Tidak semua pulau di Indonesia mempunyai gunung berapi yang masih aktif.

Konsep keterkaitan ruang

Konsep keterkaitan runag adalah hubungan dari fenomena disuatu wilayah yang akan mempengaruhi wilayah lain.
Contoh : 

  • Jika di Bgor hujan turun dengan deras dan debit air meningkat makan akan terjadi banjir di Jakarta.

Itulah konsep esensial geografi yang dapat saya bagikan kepada anda. Semoga konsep esensial ini bermanfaat bagi anda, khususnya bagi anda yang sekarang ini seang mempelajari pelajaran geografi. Jangan lupa juga untuk meninggalkan komantar melalui facebook atau lainnya di blog kesayangan anda ini, dan like atau subscribe untuk berlanggangan artikel.
Disqus Comments