Blog Tentang Pengetahuan dan Dunia Pendidikan

Friday, October 17, 2014

Manfaat dan Cara Melatih Senam Otak

Cara berlatih dan manfaat senam otak

Apa yang anda bayangkan ketika mendengar senam? Pasti bayangan anda adalah sebuah gerakan yang beriringan dengan irama musik. Padahal senam banyak jenisnya, seperti senam irama, senam lantai, dan senam otak. Nah, jika pikiran anda seperti pada hal diatas, maka bisa disimpulkan yang hanya anda ketahui adalah senam irama. Namun, sekarang ini kita tidak akan membahas senam irama, disini kita akan membahas tentang senam otak, khususnya gerakan cara melatih senam otak dan manfaat dari senam otak itu sendiri.

Pengertian senam otak

Menurut Erna Marina Kusuma M.Psi senam otak atau brain gym adalah suatu rangakian gerakan yang disusun sedemikian rupa untuk mengoptimalkan kemampuan otak seseorang.

Secara umum, senam otak (brain gym) adalah serangkaian gerakan tubuh yang sederhana yang dibuat untuk merangsang, serta menyeimbangankan otak kanan dan otak kiri

Sejarah senam otak

Senam otak pertama kali dipelopori oleh Paul Dennison dengan tujuan untuk mengatasi kesulitan dalam belajar. Sebuah eksperimen pernah dilakukan di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Slandia Baru oleh kelompok senam otak. Prinsip dalam penelitian ini sangatlah sederhana, yaitu gerakan merupakan pintu masuk belajar siswa. Dalam penelitian tersebut melibatkan setidaknya 52 anak dari kelas pendidikan penyandang disabilitas. Kelompok senam otak sepakat untuk memperlihatkan gerakan dan diikuti oleh sebagian dari siswa disable tersebut. Sedangkan sebagian siswa lainnya hanya melakukan gerakan – gerakan sembarang dengan waktu yang sama, yaitu tujuh menit.

Hasil dari kegiatan tersebut membuahkan hasil bahwa tanggap visual semua siswa sebelumnya diuji sebelum melakukan kegiatan ini. ternyata setelah melakukan gerakan ini senam otak ini, kelompok anak – anak disable yang melakukan gerakan senam otak waktu tanggapnya lebih meningkat, sedangkan kelompok anak – anak disable yang melakukan gerakan sembarang waktu tanggapnya masih utuh sama seperti sebelumnya (Guruchiter Kaur Shalsa anda Joise M Sifft : 1989)

Manfaat senam otak

  • Beberapa manfaat dari senam otak adalah sebagai berikut :
  • Membantu manula untuk mencegah kepikunan.
  • Membantu pemulihan bagi para penderita stroke.
  • Meningkatkan serta mempertajam daya ingat.
  • Menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri.

Waktu melakukan senam otak

Senam otak merupakan senam yang paling mudah dan simpel. Senam ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Senam ini bisa dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari bayi sampai para lansia. Porsi latihan senam otak yang baik adalah 10 – 15 menit dalam sekali latihan dengan posrsi 2 – 3 kali dalam seharinya. Namun banyak juga yang menyatakan senam otka ini hanya perlu dilakukan selama 2 – 5 menit dalam setiap latihan.

Dimensi senam otak

  • Dimensi lateralitas ( keseimabangan kanan dan kiri)

Banyak yang menyatakan bahwa tubuh manusia terbagi dalam dua belahan, yaitu belahan kanan dan belahan kiri. Sifat inilah yang mempengaruhi seseorang untuk lebih dominan dalam menggunakan salah satunya, bagian tubuh kanan atau kiri, misal menulis dengan tangan kanan atau tangan kiri.
  • Dimensi pemfokusan

Dimensi pemfokusan adalah kemampuan untuk menyebrangkan garis tengah partisipasi yang memisahkan bagian depan dan bagian belakang tubuh serta bagian depan otak dan bagian belakang otak. Informasi diterima melalui otak belakang kemudian diteruskan ke otak bagian depan yang nantinya akan dieksperisakn sesuai dengan tindakan atau tuntutan tertentu dari informasi tersebut.
  • Dimensi pemusatan

Dimensi pemusatan adalah kemampuan untuk menyebrangkan garis pisah antara bagian atas dan bagian bawah tubu, serta mengaitkan bagian dan bawah otak, bagian tengah otak sisten limbis yang berhubungan dengan informasi emosional serta otak besar untuk dapat berpikir abstrak.

Gerakan senam otak

Ternyata tidak semabarang gerakan dapat dilakukan untuk mengoptimalkan saraf otak (senam otak). Hal inilah yang mendorong Paul Dennison untuk membuat serangkaian gerakan khusus yang terpadu untuk menstimulasi perkembangan saraf otak. Banyak sekali gerakan yang dapat anda coba untuk melakukan gerakan senam otak ini, seperti : gerakan silang, putaran leher, pernafasan perut, membayangkan huruf X, lambaian kaki, luncuran grativasi, tombol imbang, gerakan 8 tidur, gerakan gajah, olengan pinggul, dan lain – lain. Jika anda tertarik untuk mencoba senam otak ini, silahkan anda bisa mencoba beberapa gerakan senam otak dari vodeo dibawah ini.





Itulah pengertian senam otak, sejarah senam otak, manfaat senam otak, dimensi senam otak serta gerakan senam otak yang dapat yang coba. Diharapkan senam otak ini dapat bermanfaat bagi perkembangan kecerdasan otak anda. Sekian dan terima kasih

2 komentar

Iya sama - sama gan, semoga bermanfaat untuk agan

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik artikel diatas. Terima kasih atas komentarnya