Blog Tentang Pengetahuan dan Dunia Pendidikan

Wednesday, October 15, 2014

Membuat Pot Gantung Dari Botol Bekas

Membuat pot gantung dari botol bekas

Sampah merupakan salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Setiap hari manusia selalu menghasilkan sampah. Sampah yang sekarang ini anyak ditemukan adalah sampah plastik. Ya, sampah ini mulai mendominasi, panggunaannya yang simpel, kedap air dan harganya yang murah meriah membuat para orang sering menggunakannya sebagai alat pembungkus. Banyak sekali jenis dari sampah plastic ini, ada yang berbentuk sachet, kresek, gelas ataupun botol. 

Khusus untuk yang botol ini hampir semua softdrink di Indonesia mengunakannya sebagai wadahnya. Permasalah lain yang timbul dari sampah plastic ini adalah penggunaan pelastik oleh tangan – tangan tak bertanggung jawab (khususnya botol plastic) yang menggunakannya lagi untuk pemalsuan produk. Beberapa waktu yang lalu saya juga melihat sebuha iklan air minum mineral di layar televisi. Di dalam ikan itu kita, produsen mengajak untuk menemas botol bekas pakai minuman jika isinya sudah habis. Namun menurut saya itulah bukan hal yang tepat, karena walaupun diremas tapi masih menimbulkan sampah. Ya mungkin maskud dari iklan itu agar botol bekas itu tidak lagi dimanfaatkan oleh oknum – oknum tidak betanggung jawab. 
pot gantung dari botol bekas
Pot gantung dari botol bekas | Sumber www.berani.co.id

Menurut saya salah satu langkah untuk mengurangi sampah plastic tersebut adalah dengan membuatnya menjadi kerajinan tangan yang lebih bermanfaat. Contohnya, kali ini saya akan membuat sebuah pot gantung dari botol bekas. Ide ini saya peroleh ketika beberapa waktu yang lalu aku melihat sebuah foto pot gantung dari botol bekas disebuah facebook. Lantas, saya coba pada kesempatan kegiatan pramuka rutin di sekolahku, tepat karena materi hari itu adalah membuat kerajinan dari botol bekas. Nah, bagaimana cara membuat botol bekas menjadi pot gantung ini. langsung saja simak yang berikut ini.

Membuat pot gantung dari botol bekas

Alat dan bahan 
  • Spidol. 
  • Pisau cutter. 
  • Solder (dapat diganti dengan alat lain yang dapat digunakan untuk melubangi). 
  • Tali raffia atau kawat ( untuk menggantung). 
  • Botol bekas. Tanah (media tanam). 
  • Tanaman.

Cara membuat pot gantung dari botol bekas


  1. Langkah pertama adalah dengan membuat pola persegi panjang pada salah satu sisi dampaing botol dengan spidol. Hal ini berguna untuk memasukan tanah nantinya. Lubangi botol sesuai dengan pola yang dibuat dengan menggunakan cutter. 
  2. Lubangi sisi lain yang berlawanan dengan lubang yang tadi dibuat dengan dengan solder sehingga membantuk lubang kecil – kecil. Lubang kecil – kecil ini nantinya akan dijadikan sebagai sirkulasi udara sama seperti pot pada umunya. 
  3. Ikat kedua ujung botol dengan tali raffia atau kawat yang sudah disediakan. 
  4. Masukkan tanah sebagai media untuk menanam tanamannya, dan tanam tamanannya. 
  5. Sekarang gantung pot dari botol bekas ini di dinding atau dipagar – pagar rumah anda. 
Itulah langkah – langkah membuat pot gantung dari botol bekas yang dapat anda coba. Dengan membuat pot dari botol bekas ini kita berarati sudah berusaha mengurangi sampah plastic disekitar kita. Selian itu membuat pot gantung dari botol bekas ini juga dapat menyaluran hoby bertanam bagi anda yang tidak memiliki lahan yang cukup untuk bertanam. Sekian dan terima kasih.

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik artikel diatas. Terima kasih atas komentarnya