Sejarah Perkembangan Internet Didunia

Sejarah internet

Setalah sekian lama Sapa Kabar tidak memberikan informasi kepada anda, kali ini Sapa Kabar akan coba membahas tentang bagaimana sejarah dan perkembangan internet di dunia. Internet yang kita gunakan sekarang ini ternyata juga menyimpan banyak sejarah bagaimana proses penemuannya. Motivasi Sapa Kabar memberikan informasi ini kepada anda adalah agar anda dapat mengetahui bagaimana proses terciptanya internet pertama kali di dunia. Selain itu, ini merupakan sharing – sharing dari hasil tugas pelajaran TIK saya.

Nah, bagaimana sejarah dari internet ini


sejarah internet
Ilutrasi Internet | Sumber : www.winet7.com

Langsung saja simak berikut ini.  

Tahun 1960-an  
Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan terjadinya perang nuklir. Hal inilh yang mendorong dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer – komputer yang dimiliki Departemen Pertahanan dalam satu instalasi. 

Tahun 1962 
 Pada bulan Oktober, program riset ( penelitian ) di ARPA ( Advanced Research Projects Agency ) dengan Joseph Licklider sebagai ketuanya dimulai. Tahun 1965 Dengan bantuan dana dari ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. Mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica dengan jaringan telepon. Tetapi ternyata jaringan telepon tersebut tidak efisiensi karena menghabiskan banyak bandwidth dan harga yang mahal. Tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dari beberapa universitas di Amerika Serikat untuk dapat membuat percobaan untuk dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya. Tahun 1969 Dari beberapa percobaan tersebut, akhirnya terciptalah jaringan internet yang pada saat itu dikenal dengan nama ARPANET. Pada awalnya ARPANET hanya menghubungkan komputer – komputer di berbagai universitas di bagian barat daya Amerika Serikat yang diantaranya adalah, University of California Los Angles ( UCLA ), Standford Research Institute, University of California Santa Barbara dan University of Utah. 

Tahun 1970 
 Beberapa universitas dan lembaga lain seperti, MIT, Harvard, BBN, dan System Development ( SDC) di Santa Monica juga ikut bergabung dengan ARPAENET. Tahun 1971 Stanford, Lincoln Labs milik MIT, Carnegie- Mellon dan Case Westren Reserve University ikut bergabung diikuti dengan bergabungnya NASA/Ames, Mitre, Burroughs, RAND, dan University Illionoios. Setelah itu semakin banyak lagi lembaga – lembaga lain yang bergabung dnegan internet dan internetpun semakin luas dengan cepatnya, namun perkembangan tersebut masih terbatas pada lembaga – lembaga tertentu saja, tidak pada smeua lembaga. Pada tahun ini juga The Network Working Group menyelesaikan protocol telnet, yaiut sebuah protocol yang digunakan untuk mengakses sebuah komputer dengan jarak jauh. Network Working Group juga membuat kemajuan pada standar file transfer protocol ( FTP ) yang dapat digunakan untuk mendownload ataupun upload sebuah file. 

Tahun 1972  
Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat secara eletronik melalui ARPANET. Tomlinson menggunakan symbol “ @ “ dibaca et untuk menghubungkan nama pengguna ( username ) dengan alamat email ( email address ). Pada akhir tahun 1980-an symbol @ digunakan standar di seluruh dunia. 

Tahun 1973 
Pada tahun ini pengembangan sbeuah protocol yang kemudian disebut dengan protocol TCP/IP oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Khan dari DARPA ( Defense Advanced Research Projects Agency ). Protocol ini memmungkinkan dua jaringan komputer yang berbeda dapat berinteraksi dan berkomunikasi. 
Tahun 1986 
Internet mulai digunakan secara terbuka untuk umum di wilayah Amerika Serikat. 

Tahun 1989 
Jumlah jaringa yang terhubung ke internet berkembang dnegan pesatnya. Di bulan Januari jumlah jaringan yang terhubung ke internet kurang lebih sebanyak 80.000, 130.000 di bulan Juli dan melebihi 160.000 di bulan November. Beberapa negara seperrti Australia, Jerman, Israel, Italia, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, serta Inggris juga sudah terhubung dnegan internet. 

Tahun 1990 
Pada tahun ini ARPANET secara resmi di tutup. Jaringan tersebut bekembang menjadi empat jaringan komputer yang tergabung didalam menjadi 300.000 jaringan. Beberapa aplikasi internet, seperti Archie, Gopher, dan WAIC mulai dipergunakan, kemudian beberapa institusi komersial jua mulai online. 

Tahun 1993 
Pada thaun ini dikembangkan aplikasi browser yang disebuat mosaic oleh Marc Adreessen bersama timnya di NCSA. Setelah Adreessen keluar dari NCSA, ia menjadi otak di balik Netscape Corp yang kemudian membuat browser Netscape, yang mana browser ini merupakan browser paling sukses. Kemudian Microsoft mengembangkan browser ini menjadi Internet Explorer.

Itulah kronologis sejarah dan perkembangan internet di dunia.

Semoga info ini dapat menjadi referensi anda dan juga dapat membantu kawan – kawan yang sedang mengerjakan tugas TIK dengan topic terkait. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain dari Sapa Kabar. Skian dan teima kasih sudah menyimak dengan baik.

Anda juga dapat mencari informasi dari mesin penceri tentang Sejarah Internet ini dengan kata kunci sebagai berikut ini

Sejarah Internet Di Dunia

Sejarah Internet dan Intranet

Disqus Comments