Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup

Berawal dari pelajaran biologi disekolah yang sedang memasuki bab klasifikasi organisme, maka akhirnya admin membuatkan sebuah ringkasan dari meteri tersebut, yaitu manfaat klasifikasi , dasar – dasar system klasifikasi, dan macam – macam klasifikasi makhluk hidup. Langsung saja kita membahas apa manfaat klasifikasi makhluk hidup, dasar – dasar klasifikasi makhluk hidup, dan macam – macam klasifikasi makhluk hidup.

sistem kalsifikasi 5 kingdom
Makhluk hidup atau organisme sebagai objek kajian dalam biografi sangatlah beragam. Agar lebih mudah dalam mempelajarinya maka para ahli melakukan klasifikasi untuk menyederhanakannya.

Klasifikasi makhluk hidup adalah pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri – ciri tertentu yang dimiliki suatu organisme. Ilmu yang memperlajari kalsifikasi disebut taksonomi ( berasal dari bahasa Yunani, taxis = susunan, dan nomos = aturan).
Dalam klasifikasi makhluk hidup, penggolongan makhluk hidup digolongkan menjadi beberapa kelompok secara sistematis dan bertahap. Awalnya oragnisme dikelompokan menjadi beberapa kelompok besar berdasarkan ciri – ciri yang dimilikinya. Didalam kelompok besar tersebut dicari lagi perbedaan dan persamaan dari suatu organisme untuk dikelompokkan lagi kedalam kelompok yang lebih kecil. Dalam suatu kelompok semakin banyak persamaan ciri yang dimiliki suatu organisme dengan organisme lain, maka semakin dekat pula hubungan kekerabatannya. Sedangkan pada tingkatan takson, semkain ke bawah maka semakin sedikit persamaan ciri yang dimiliki oleh suatu organisme dengan organisme lainnya.

Tujuan klasifikasi makhluk hidup

Sebuah kegiatan atau program dibuat selalu mempunyai tujuan tertentu. Begitu juga halnya dengan system klasifikasi makhluk hidup. System klasifikasi makhluk hidup juga mempunyai tujuan sebagai berikut ini :
  1. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri – ciri yang dimiliknya.
  2. Mendeskripsikan ciri – ciri suatu makhluk hidup untuk membedakannnya dengan makhluk hidup dari jenis lainnya.
  3. Untuk mengetahui jauh dekatnya hubungan kekerabatan antar makhluk hidup.
  4. Untuk mempermudah memberi nama makhluk hidup yang belum diketahui namanya.

Manfaat kalsifikasi makhluk hidup

Berdasarkan tujuan dari kalsifikasi makhluk hidup diatas, berikut adalah anfaat yang dapat kita ambil dari klasifikasi makhluk hidup :
  1. Lebih memudahkan kita dalam memperlajari makhluk hidup yang beragam.
  2. Lebih memudahkan kita dalam mengetahui jauh dekatnya hubungan kekerabatan dari setiap organisme.

Dasar – dasar klasifikasi makhluk hidup

Untuk mengelompokkan makhluk hidup, kita tidak bisa semabarangan mengelompokkannya. Setiap makhluk hidup digolongkan berdasarkan ciri – ciri fisik, morfologi, cara berreproduksi, manfaat, ciri – ciri gen, ciri – ciei kromosom dan kandungan zat biokimiawi. Dari banyaknya hal yang dapat dijadikan sebagai tolk belakang untuk mengelompokkan mahkluk hidup, berikut adalah beberapa system penggolongan makhluk hidup

Kalsifikasi system alamiah
Klasifikasi alamiah adalah kalsifikasi yang bertujuan untuk membentuk takson – takson tertentuynag bersifat alamiah (sesuai dengan kehendak alam).
  • Dasar yang digunakan dalam klasifikasi alamiah adalah persamaan sifat, utamanya adalah sifat morfologinya.
  • System alamiah pertama kali dikemukakan oleh Aristoteles dan mengelompokkan makhluk hidup dibumi menjadi dua kingdom, yaitu tumbuhan dan hewan.
  • Dari hewan dan tumbuhan ini, kemudia dibentuk lagi takson – takson yang lebih kecil, misal hewan dikelompkkan lagi menjadi suatu takson berdasarkan habiatatnya, begitu juga dengan tumbuhan. Tumbuhan diklasifikasikan lagi menjadi suatu takson tertentu berdasarkan ukuran dan struktur tubuhnya, sehingga dikenal tumbuhan pohon (beringin, kelapa, mangga, dsb), tumbuhan perdu (tomat, bayam, cabai) dan tumbuhan semak (rumput, jahe)

Kalsifikasi system buatan (atifisial)
Klasifikasi artifisial adalah penglompokkan makhluk hidup berdasarkan pada tujuan praktis manusia
  • Klasifikasi artifisial pertama kali dikemukakan oleh Carl von Linne atau yang lebih dikenal dengan nama Carolus Linnaeus dengan makalahnya yang berjudul “Systema Naturae” pada tahun 1735.
  • Misal tumbuhan dikelompokkan berdasarkan tujuan paktis manusia menjadi tumbuhan obat (jahe, kina, dsb), tumbuhan hias (anggrak, mawar, dsb), tumbuhan sayuran (bayam, kangkung, dsb), tumbuhan buah – buahan (jeruk, aple, dsb) dan lain sebagainya

Klasiikasi filogenetik
Klasifikasi filogenetik adalah klasifikasi yang didasarkan pada juah dekatnya hubungan kekerabatan antar makhluk hidup dilihat dari kesamaan morfologi, struktur anatomi, fisiologi, dan etologi (perilaku).
  • System kalsifikasi filogenetik ini pertama kali dikemukakan oleh Charles Darwin pada tahun 1859.

Klasifikasi system modern
Klasifikasi system modern adalah penggolongan makhluk hidup berdasarkan ciri – ciri filogenetik, ciri – ciri gen atau kromosom, dan ciri – ciri biokimia.
Itulah kalsifikasi makhluk hidup yang dapat anda pelajari pada bab ini. untuk selanjutnya anda dapat membaca lebih lanjut mengenai system klasifikasi makhluk hidup lebih lanjut (system dua kingdom, system tiga kingdom, dst) pada artikel saya yang selanjutnya. Sekian dan terima kasih
Disqus Comments