Blog Tentang Pengetahuan dan Dunia Pendidikan

Thursday, November 6, 2014

Macam - Macam Kebutuhan Manusia

Macam – Macam Kebutuhan Manusia

Apa kabarnya kali ini para pelajar pintar? Semoga baik – baik saja. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan pelajaran SMP yang pernah saya dapat, yaitu tentang kebutuhan manusia. Waktu saya SMP dulu pelajaran ini merupakan pelajaran ekonomi IPS kelas tujuh. Baiklah lansung saja kita masuk ke pembahasan.
macam macam kebutuhan manusia

Perbedaan keinginan dan kebutuhan

Manusia hidup selalu dihadapkan pada keiginan dan kebutuhan. Mungkin kalian pernah terpikirkan apa bedanya keinginan dan kebutuhan hidup. Saya jelaskan sedikit, keinginan adalah sesuatu yang diinginkan manusia namun tidak harus dipenuhi. Sedangkan kebutuhan adalah suatu keinginan manusia yang harus dipenuhi demi kelangsungan hidup manusia. Sampai disini sudah paham perbedaan kenginan dan kebutuhan?

Menyusun pemuasan kebutuhan hidup

Dalma hidup ini, kebutuhan manusia sangalah beragam. Namun kebutuhan manusia yang beragam itu tidak sebanding dengan alat pemuasnya yang sangat terbatas. Untuk itu perlu dilakukan suatu upaya agar kebutuhan yang banyak itu terpenuhi dengan terbatasnya alat pemuas kebutuhan. Kunci dari memenuhi kebutuhan yang terbatas dengan alat pemuas yang terbatas adalah dengan membuat skala prioritas. Apa itu skala prioritas? Skala prioritas adalah suatu cara untuk mengurutkan kebutuhan manusia mulai dari yang terpenting sampai yang tidak terlalu penting. Misalkan seorang siswa dihdapakan pada kebutuhan game, pensil, dan buku. Maka penyusunan kebutuhan skala prioritasnya adalah membeli buku, baru pensil, dan game yang terakhir.

Macam – macam kebutuhan manusia

Kebutuhan menurut intensitasnya
  1. Kebutuhan primer : kebutuhan yang benar – benar sangat dibutuhkan oleh seseorang dan harus dipenuhi demi kelangsungan hidupnya. Contohnya : sandang, papan, dan pangan.
  2. Kebutuhan sekunder : kebutuhan yang muncul setelah kebutuhan primer terpenuhi, dan untuk menunjang kebutuhan primer tersebut. Contoh : telepon, sepeda, tv, dan radio.
  3. Kebutuhan tersier : kebutuhan yang muncul guna untuk meningkatkan status social seseorang. Kebutuhan tersier ini berupa barang – barang mewah. Contohnya : mobil, dan perhiasan

Kebutuhan menurut sifatnya

  1. Kabutuhan jasmani atau lahiriyah atau material : kebutuhan yang dimanfaatkan untuk kepentingan jasmani, guna memelihara, melindungi, mengembangkan, dan membangun pertumbuhan jasmani manusia. Contoh : Makan dan minum untuk membangun tenaga manusia. Pakaian untuk melindungi tubuh aagar tidak sakit.
  2. Kebutuhan rohani atau batiniyah atau immaterial : kebutuhan yang dapat memberikan rasa puas pada jiwa, sanubari, rohani dan perasaan. Jika kebutuhan rohani ini terpenuhi maka akan memberikan rasa damai, tentram, suka cita, senanh, gembira, keindahan dan sebagainya. Contoh : menuntut ilmu agama. Melakukan ibadah. Melihat pemandangan indah. Rekreasi dsb.

Kebutuhan menurut waktu pemenuhannya

  1. Kebutuhan sekarang : kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang atau waktu ini juga dan tidak boleh ditunda lain waktu. Jika kebutuhan sekarang ini ditunda maka dapat menimbulkan kecelakaan, kerugian, atau musibah yang tidak dapat dihindari. Contoh : obat dibutuhkan oleh orang yang sedang sakit. Makan dibutuhkan orang yang sedang lapar. Minum dibutuhkan orang yang sedang haus dsb.
  2. Kebutuhan masa depan atau masa yang akan datang : kebutuhan yang masih dapat ditunda untuk memenuhinya dan mulai sekarang dapat dipersiapkan. Contoh : menabung sedikit demi sedikit untuk membangun rumah dimasa depan atau untuk kebutuhan lainnya dimasa depan.

Kebutuhan menurut subyek atau orang yang menggunakannya

  1. Kebutuhan pribadi atau perorangan atau individu : kebutuhan yang berguna untuk pemenuhan atau pemuasan kebutuhan seseorang secara pribadi. Hal ini snagat erta kaitannya dengan hoby, bakat, tugas ataupun jenis pekerjaan orang yang berbeda – beda. Contoh : makanan. Minuman. Gitar. Pakaian. Dsb.
  2. Kebutuhan social atau kolektif atau kelompok : kebutuhan yang bermanfaat untuk pemenuhan orang banyak atau masyarakat. Kebutuhan ini erat hubungannya dengan kesejateraan, kemakmuran, keaman, keindahan, dan ketertiban masyarakat. Contoh : jalan raya. Jembatan. Pasar. Rumah sakit. Lapangan olahraga. Tempat rekreasi. Angkutan umum. Dsb.

Kebutuhan menurut wujudnya

  1. Kebutuhan konkret atau berwujud : kebutuhan yang berupa barag yang dapat dilihat, diraba, dan dirasa serta dapat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Contoh : makanan. Minuman. Pakaian. Komputer. Buku. Sepatu. Dsb
  2. Kebutuhan abstrak atau tak berwujud : kebutuhan yang tidak dapat dilihat, diraba namu dapat dirasa pemanfaatannya untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Contoh : jasa kesehatan dari dokter. Jasa guru. Jasa pengadilan dari hakim dan jaksa. Dsb

Itulah macam – macam kebutuhan manusia menurut intensitasnya, sifatnya, waktunya, subyeknya dan wujudnya. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda khusunya dalam belajar mengenai ekonomi. Nantikan juga ilmu yang akan saya bagikan selanjutnya.

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik artikel diatas. Terima kasih atas komentarnya