Macam - Macam Matriks

Macam – macam matriks

Apa pengertian dari matriks? Apa saja jenis - jenis matriks atau macam - macam matriks? Mungkin itulah pertanyaan pertama yang ada di benak anda ketika mendengar kata - kata matriks. Namun tenang saja, disini saya akan membagikan beberapa macam matriks untuk anda. Baca juga macam - macam pola bilangan dalam matematika Berikut adalah macam - macam matriks :

Mohon maaf jika pada materi kali ini tidak terdapat contoh gambar dari masing masing matriks. Sebagai gantinya anda dapat downlaod materi matriks yang sudah saya buat dalam versi Ms Word di link berikut ini. Dalam file tersebut materi lengkap dengan gambar dan penjelasannya. DOWNLOAD MACAM - MACAM MATRIKS
matriks nol matematika
Matriks Nol, salah satu matriks dalam matematika

1. Matriks baris

Matriks baris adalah matriks yang hanya terdiri dari satu baris saja. Ordo dari matriks baris ini 1 x n dimana n adalah banyaknya kolom dari matriks tersebut.

2. Matriks kolom

adalah matriks yang hanya terdiri dari satu kolom saja. Odro dari matriks kolom ini m x 1 dimana m adalah banyaknya jumlah baris dalam matriks tersebut.

3. Matriks persegi

Matriks yang mempunyai banyak baris dan banyak kolomnya sama. ordo matriks persegi adalah n x n, artinya banyaknya baris sama dengan banyaknya kolom.

4. Matriks persegi panjang

Matriks persegi panjang adalah matriks yang banyak barisnya tidak sama dengan banyak kolomnya. Ordo matriks adalah m x n, dimana m adalah banyak baris dan n adalah banyak kolom.

5. Matriks segitiga

Matriks segitiga adalah matriks persegi yang berordo n x n dengan elemen – elemen matriks di bawah atau diatas diagonal utamanya semuanya nol. Maksud ordo n x n adalah jumlah baris dan kolom dalam matriks sama. Jika elemen – elemen yang semuanya nol berada di bawah diagonal utama disebut matriks lower triangular. Sedangkan jika elemen – lemen matriks yang semuanya nol berada di atas diagonal utama disebut dengan matriks upper triangular.

6. Matriks diagonal

Matriks diagonal adalah matriks yang persegi dengan pola “semua elemennya bernilai nol, kecuali elemen diagonal utama yang tidak semuanya bernilai nol”

7. Matriks identitas

Matriks identitas adalah matriks persegi yang elemen diagonal utamanya bernilai 1 sedangkan elemen – elemen yang lainnya bernilai nol. Matriks identitas di notasikan dengan I berordo n x n, artinya banyak kolom dan banyaknya baris dalam matriks tersebut sama.

8. Matriks nol

Matriks nol merupakan matriks yang semua elemennya nol. Tidak ada aturan dalam bentuk ordo matriks nol ini (ordo bebas)

9. Matriks skalar

Matriks skalar adalah matriks persegi yang semua elemen diagonal utamannya sama tetapi bukan nol atau satu, dan semua elemen lainnya adalah nol.

10. Matriks simetris

Matriks simetris adalah matriks persegi yang elemennya simetris secara diagonal. Atau dapat dikatakan juga bahwa matriks simetris adalah matriks yang tranposenya (mengubah kolom menjadi baris) sama dengan matriks itu sendiri.

11. Matriks tridiagonal

Matriks tridiagonal adalah matriks persegi yang semua elemennya adalah nol, kecuali elemen diagonal uatamanya dan elemen yang berada disamping kanan serta samping kiri diagonal utama.

Itulah macam - macam matriks yang dapat saya bagikan kepada anda. Semoga setelah membaca materi tentang matriks ini, nilai anda bertambah banyak ^_^ Mungkin gambar matriks didalam postingan ini kurang jelas, maka dari itu saya sudah memperisapkan file macam - macam matriks yang dapat anda download dengan mengklik link download berikut ini.
Disqus Comments