Blog Tentang Pengetahuan dan Dunia Pendidikan

Saturday, November 8, 2014

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda pada Satu File Microsoft Word

Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

Pernahkah anda mendapatkan tugas untuk membuat suatu makalah, laporan, atau proposal? Biasanya dalam format proposal dan sebagainya, akan digunakan dua jenis nomor halaman, yang pertama yaitu nomor halaman romawi ( i, ii, iii, iv dst) dan nomor halaman angka biasa (1, 2, 3, 4 dst). Jika pernah saya yakin anda akan mencari - cari cara berikut ini, yaitu cara bagaimana membuat nomor halaman berbeda di dalam satu file Microsoft Office Word. Jika iya, maka sekarang ini anda berada ditempat yang sangat tepat, karena disini saya akan membahas bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda dalam satu file Microsoft Office Word.

Mungkin pernah anda terpikirkan betapa sulitnya membuat nomor halaman yang berbeda - beda dalam satu file Microsoft Office Word. Pernah, sampai - sampai teman saya karena tidak bisa membuat nomor halaman yang berbeda dalam satu file, akhirnya mereka tidak memberi nomor halaman sama sekali dan mereka memberikan nomor halaman sendiri dengan bolpen, tentu itu sangat melelahkan sekali bukan? Apalagi jika banyak halaman dalam file tersebut. Beda lagi dengan kasus yang dialami oleh teman saya yang satu ini, karena tidak tahu bagaimana caranya membuat nomor halaman berbeda akhirnya dia menjadikan file proposal tersebut menjadi 2 file, pertama ia jadikan file dengan nomor halaman romawi dan yang kedua adalah file nomor halaman biasa, sungguh itu juga bukan sebuah pilihan yang tepat. Lantas bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda dalam satu file word? Tanpa panjang lebar, berikut adalah cara membuat nomor halaman berbeda dalam satu file word.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Dalam Satu File Microsoft Office Word


  1. Langkah pertama, bukalah buatlah file yang ingin anda buat halamannya berbeda di tiap halamannya.
  2. Lalu saya akan membuat nomor halaman disebelah bawah, maka masuk ke Insert >> Page Number >> Bottom of Page >> pilih jenis nomor halaman yang anda sukai >> OK. Maka secara otomatis akan terlihat nomor halaman di bagian footer file anda, dan akan terbuka juga tab baru, yaitu tab Design Header and Footer.
  3. Karena nomor halaman ini berada pada awal proposal, maka saya akan mengubahnya menjadi nomor romawi, maka masuk ke tab (kursor tetap ditempatkan didaerah footer) Design >> Page Number >> Format Page Numbers. Ganti jenis nomor biasa menjadi nomor romawi pada kolom Number Format, dan jika sudah klik OK, maka secara otomatis nomor halaman file anda akan berubah menjadi nomor romawi semua.
    Format nomor halaman dengan angka romawi
    Mengubah nomor halaman menjadi romawi
  4. Disini saya akan membuat agar, halam pertama (cover) tidak ada nomor halamannya, maka masuk ke tab Design >> beri tanda contreng pada Differant First Page, maka secara otomatis halaman pertama anda tidak akan ada nomor halamannya lagi, dan mulai halaman kedua akan ada nomor halaman i, ii, iii dst.
    Membuat halaman pertama tidak ada nomor halamannya
    Cara mengatur agar cover tidak ada nomor halamannya
  5. Selanjutnya saya akan membuat nomor halaman berbeda dimulai dari BAB I PEMBAHASAN, maka letakkan kursor tepat diawal karakter dimana nomor halaman tersebut akan kita buat berbeda. Dalam hal ini, berarti kursor saya posisikan didepan kata BAB I ...... lalu masuk ke Page Layout >> Next Page
    Membuat section baru
    Cara membuat section baru
  6. Setelah itu, letakkan kursor anda di footer dengan cara double klik pada footer, maka secara otomatis anda akan masuk kedalam tab Design, dan selanjutnya adalah menghilangkan tanda aktif Link to Previuos
  7. Jika sudah, masih di tab Design >> Page Number >> Format Page Number >> ubah jenis nomor halaman menjadi angka biasa pada kolom Number Page, dan ubah tanda aktif ke Start at, dan masuk nilai 1 (dapat anda ganti dengan nilai lain sesuka anda) pada kolom yang disediakan. Dan sekarang lihat, nomor romawi anda akan berubah menjadi anga biasa.
    Mengatur jenis nomor halaman
    Mengatur jenis nomor halaman

Intinya jika anda ingin membuat nomor halaman yang berbeda, maka anda harus membuat Section baru lagi. Sectioan baru ini dapat anda buat sama dengan point 5 dan jika nomor halamannya ingin anda buat beda, maka caranya seperti pada point 3 dan ubah jenis nomor halaman sesuka anda.
Itulah cara membuat nomor halaman yang berbeda dalam satu file word. Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi anda.

13 komentar

your welcome, senang bisa membantu

thanks ya gan...walau masih bingung hehe...

sama sama gan, ikutin petunjuknya pelan2 :D
semoga bisa membantu :)

gimana kl kt mau buat halaman tapi lembar pertama di mulai dari halaman 52 dst (52,53,54)? terimakasih

mantap Gan artikelnya sangat usefull bener :p Salute Buat agan blogini

Makasi gan akhirnya laporan saya bisa selesai Xoxo

This comment has been removed by the author.

Kok saya malah tetep aja ya gak berubah:( malah hal 2 dimulai dr ii bukan i?

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik artikel diatas. Terima kasih atas komentarnya