Blog Tentang Pengetahuan dan Dunia Pendidikan

Saturday, November 1, 2014

Rangkuman Ceramah Peringatan 10 Muharam

Rangkuman Ceramah Peringatan 10 Muharam - Selamat berjumpa kembali para sahabat setia. Sebelumnya bagaimana kabar anda hari ini? semoga sehat walafiat. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah rangkuman dari peringatan 10 Muharam yang kebetulan ditahun ini jatuh pada tanggal 31 Oktober 2014 di sekolah saya. Barikut ini adalah rangkumannya. Namun sebelumnya saya minta maaf, karena saya tidak mengambil foto kegiatan tersebut.

pesantran kilat 10 muharam
Ilustrasi pengajian disekolah peringatan
Sumber : www.sdn1karangmekar.blogspot.com
Dalam kalender Islam, kita mengenal 12 bulan selama 1 tahun. Hal ini ternyata sudah ditetapkan Allah di lahul mahfudz sebelum Allah menciptakan alam semesta ini. Diantara 12 bulan tersebut, terdapat 4 bulan yang paling dimuliakan oleh Allah. Bulan – bulan tersebut adalah bulan Rajab, Dzulkaidah, Dzulhijah, dan Muharam. Di keempat bulan ini semua amal perbuatan kita dilipat gandakan. Namun, tak hanya pahala kita saja yang dilipat gandakan, dosa yang kitan lakukan di keempat bulan tersebut juga akan dilipatgandakan oleh Allah.

Dalam kitab Zabur, Allah berfirman “Sesungguhnya orang yang berakal sehat dan berilmu, jangan sampai kau meninggalkan empat waktu dalam 1 x 24 jam”. Empat waktu dalam 1 x 24 jam yang dimaksud oleh Allah ddalam kitab zabur tersebut yaitu :
  1. Waktu untuk mengingat Allah.
  2. Waktu untuk intropeksi diri.
  3. Waktu untuk mentor (sharing – sharing) dengan seorang senior yang lebih ahli dibidangnya.
  4. Waktu untuk membatasi tubuh kita dengan makanan (jangan sampai kekenyangan).

Ada lima cara untuk menyembuhkan penyakit hati yang keras, suka marah, dan tidak mudah paham ketika menerima pelajaran, yaitu :
  1. Banyak – banyak mengikuti siraman rohani (pengajian, mendengarkan tausiyah).
  2. Membaca Al Qur’an dan usahakan untuk mengerti makna dari bacaan Al Qur’an tersebut.
  3. Tidak makan berlebihan, makanlah secukupnya saja.
  4. Sering salat malam, salat yang dilaksanakan setelah kita tidur terlebih dahulu.
  5. Bangun sebelum subuh, dan laksanakan salat fajr.

Ada tiga kunci sukses agar kita suskes setelah kita mengeyam pendidikan ini, yaitu
  1. Patuh pada bapak/ibu guru.
  2. Taat pada tata tertib sekolah.
  3. Rajin dan tekun belajar.

Harapannya dengan mangamalkan semua kunci diatas, kita akan mendapatkan ridha dari bapak/ibu guru kita sehingga kita dimudahkan oleh Allah dalam mencari pekerjaan nanti setelah kita lulus dari pendidikan yang sekarang kta tempuh ini.

Jika pada hijrah Rasulullah, Islam jaya setelah Rasulullah berhijrah ke Madinah. Maka makna dari hijrah ini bagi kita para pelajar adalah untuk meningkatkan semangat hidup kita, meningkatkan prestasi kita.

Nah, itulah sedikit rangkuman dari peringatan 10 muharam yang berlangsung di sekolah saya yang dapat saya sampaikan kepada anda. Semoga rangkuman tersebut bermanfaat bagi anda. Terima kasih

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik artikel diatas. Terima kasih atas komentarnya