Cara Menambah Tinggi Badan Secara Cepat Alami dan Sehat

Bagaimana cara menambah tinggi badan? Cara menambah tinggi atau meninggikan badan badan secara alami? Cara menambah tinggi badan secara cepat? Cara Menambah tinggi badan secara sehat? 

itulah beberapa pertanyaan yang akan saya jawab pada kesempatan kali ini. Ya benar sekali pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menambah tinggi badan secara alami.

Masalah tinggi badan memang menjadi masalah tersendiri bagi kita selama ini. semua orang pasti mendambakan badan yang tinggi semampai nan ideal. Dengan tinggi badan ini seseorang dapat lebih percaya diri untuk menjalani aktivitas sehari – hari. Di jaman sekarang ini juga banyak sekali profesi yang menuntut tinggi badan Anda, misalkan saja untuk menjadi TNI, Polisi, pramugari dan pekerjaan lain sebagainya yang menyaratkan calon anggotanya harus mempunyai tinggi badan yang cukup.

Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi tinggi badan, diantaranya adalah faktor gen, nutrisi dan keaktifan gerakan seseorang. Nah, pada jika Anda sekarang ini Anda sedang mencari – cari cara untuk menambah tinggi badan secara alami adalah sebagai berikut seperti yang sudah saya lansir dari dr. Fransisca Alvionita dalam meetdoctor.com

Tips Cara Membantu Meninggikan Berat Badan :

1. Aktif Bergerak

Biasanya saat anak – anak, mereka donyan sekali untuk banyak makan. Saat aktif bergerak maka tubuh akan membutuhkan lebih banyak lagi nutrisi. Maka dari itu, untuk mengimbangi nyemil mereka agar mereka tidak kegemukan ajaklah anak Anda untuk aktif bergerak. Simak selengkapnya 7 olahraga yang bisa menambah tinggi badan dibawah ini.

2. Kurangi Konsumsi Obat – Obatan

Pada saat anak Anda dalam masa pertumbuhan, upayakanlah untuk menghindarkan mereka dari obat – obatan, khususnya steroid dan kafein. Mengapa? Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga pertumbuhan agar tetap berjalan dengan mekasimal dan mencegah malnutrisi pada anak Anda.

3. Tidur Yang Cukup Dan Berkualitas

Selain aktif bergerak, istirahat yang cukup untuk anak Anda juga penting untuk Anda perhatikan guna menambah tinggi badannya. Istirahat terbaik adalah dengan tidur, maka dari itu cukupkanlah tidru anak Anda yang cukup. Pada masa kanak – kanak sampai pada masa remaja, tidur yang cukup adalah selama 8 – 11 jam dalam sehari. Dengan tidur yang cukup maka human growth hormone (hgh) akan diproduksi oleh tubuh pada saat tidur nyenyak. Jadi tidak hanya tidur yang cukup saja, namun juga tidur yang berkualitas.

4. Yoga

Yoga ternyata juga dapat Anda jadikan untuk membantu meninggikan badan anak Anda. Dengan melakukan berbagai posisi dan gerakan yoga serta latihan pernafasan dipercaya dapat melepaskan ketegangan pada otot belakang. Dengan demikian yoga dapat Anda manfaatkan untuk membantu menambah tinggi badan anak Anda.

5. Gerakan Melawan Arah Gravitasi

Cara terakhir menurut dr. untuk menambah tinggi badan secar alami adalah dengan melakukan gerakan melawan gravitasi bumi. Banyak gerakan melawan gravitasi bumi yang dapat Anda coba, antara lain adalah bergelantungan, tengkurap, membentuk posisi pesawat – pesawatan, atau juga dengan berbaring dengan lutut sambil mengangkat panggul ke atas. Gerakan – gerakan tersebut dapat Anda lakukan selama kurang lebih 20 – 30 detik.

Menurut saya kelima cara menambah tinggi badan menurut dr. Fransisca Alvionita merupakan cara meninggikan tinggi badan yang lebih ditekankan pada pola hidup. Nah, berikut ini adalah beberapa olahraga yang dapat Anda mainkan untuk menambah tinggi badan Anda, seperti yang sudah saya lansir dari Only my health dalam detik.com.

7 Olahraga Untuk Meninggikan Badan

1. Lompat Tali (Skipping

Olahraga pertama yang mesti Anda coba untuk membantu meninggikan badan Anda adalah dengan melakukan skipping. Dengan melakukan skipping, maka akan dapat meningkatkan suplai darah dan mengerahkan tekanan pada tulang panjang tubuh untuk tumbuh lebih panjang lagi. (Sumber gambar : www.orbitfitness.com.au)
skipping

2. Basket

Olahraga yang sangat popular dikalangan anak remaja ini ternyata juga dapat Anda dapat Anda mainkan untuk membantu menambah tinggi badan Anda. Kerap kali kita melihat pemain basket mempunyai tinggi badan yang semampai. Hampir sama dengan prinsip lompat tali, karena pada permainan basket ini Anda juga dituntut untuk melompat – lompat dan berlari.
bola basket

3. Bergelantungan (Vertical Hanging)

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwasannya salah satu cara untuk menambah tinggi badan adalah dengan melakukan gerakan melawan gravitasi, salah satunya adalah dengan bergelantungan. Mungkin gelantungan terlihat snagat sederhana, namun siapa sangka jika dengan bergelantungan ini dapat mempeluas daerah kartilago pada tulang belakang dan membuatnya tumbuh. Yang mana hal ini menyebabkan perpanjangan tulang belakang.
bergelantungan (vertical hanging)

4. Memiringkan Badan Ke Samping (Side Bends)

Gerakan ini merupkaan gerakan yang biasa Anda lakukan dalam setiap pemanasan. Namun ternyata dengan gerakan ini Anda dapat menambah tinggi badan Anda. Caranya adalah dengan berdiri secara vertikal dengan kaki lurus sedikit membuka, lalu tekuk tubuh ke samping dan renggangkan sejauh mungkin semampu Anda kemudian tahan selama 15 detik, atau dalam hitungan 2 x 8. Setelah itu ulangi gerakan tersebut dengan memiringkan tubuh ke sisi lainnya.
side bends

5. Vertical Stretch

Kebiasaan yang biasa kita lakukan setelah bangun tidur ini ternyata juga membantu meninggikan badan Anda. Caranya adalah dengan berdiri diatas jari – jari kaki, satukan kedua tangan dan angkat ke atas setinggi mungkin, lalu tahan selama 30 detik, atau setara dengan hitungan 4 x 8. Latihan ini dapat membantu meregangkan tulang belakang Anda.
vertical strech

6. Membungkuk (Vertikcal Bends)

Caranya adalah dengan berdiri dengan kedua kaki agar dibuka, lalu bungkukan badan Anda dan coba sentuh lantai tanpa disertai dengan menekuk lutut Anda. Setelah melakukan beberapa kali latihan, Anda baiknya jika telapak tangan Anda benar – benar menempel pada lantai, tidak sekedar menyentuh. Hal ini dapat membuat tulang belakang Anda lebih fleksibel.
membungkuk vertical bends

7. Pose Kobra

Pose kobra posisi tubuh hampir sama dengan ketika Anda mekukan gerakan back up. Caranya berbaringlah pada lantai rata dengan dada menghadap kebawah. kemudian angkat tubuh ke atas dan regangkan setinggi mugkin. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 15 detik lalu kembalikan ke posisi awal lagi.
pose cobra

Itulah cara menambah tinggi badan secara alami dan sehat yang dapat Anda coba. Ingat cara, dalam melakukan latihan diatas jangan sampai membebani tubuh Anda sehingga Anda mengalami kelelahan. Dan ada baiknya juga jika latihan dan cara – cara di atas Anda lakukan dengan rutin setiap hari. Sekian dan semoga membantu.

Referensi :
  1. 7 Olahraga Mudah yang Bisa Menambah Tinggi Badan | detik.com
  2. Kurang Tinggi Coba Lakukan Hal Ini | meetdoctor.com dalam yahoo.com
Disqus Comments