Blog Tentang Pengetahuan dan Dunia Pendidikan

Thursday, January 8, 2015

Bunyi Hukum Kepler I, II, dan III

Setiap planet selalu berevolusi terhadap Matahari. Dari revolusi planet itulah Johannes Kepler melakukan sebuah penelitian terhadap hukum pergerakan planet. Selanjutnya hukum tersebut lebih di kenal dengan nama Hukum Kepler. Hukum Kepler terdiri dari 3 isi, adapun ketiga isi Hukum Kepler adalah sebagai berikut :

Hukum Kepler I

Hukum Kepler I berbunyi : 
“Lintasan planet (orbit) mengelilingi Matahari berbentuk elips, dengan Matahari terletak pada salah satu titik fokusnya” 
Lebih Jelasnya lihat gambar berikut ini.
hukum kepler I 1

Titik terdekat antara Bumi dengan Matahari disebut dengan perihelium. Sedangkan titik terjauh antara Bumi dengan Matahari disebut dengan aphelium.

Jarak antara Bumi dengan Matahari sepanjang tahun tidaklah selalu sama. Hal mengakibatkan musim panas di belahan Bumi utara lebih panjang sekitar 8 hari daripada musim dingin. Pada tahun 2012 posisi Bumi terdekat dengan Matahari terjadi pada tanggal 5 Januari 2012, sedangkan titik terjauh antara Bumi dengan Matahari pada tanggal 5 Juli 2012.

Hukum Kepler II

Hukum Kepler II berbunyi : 
“Garis yang menghubungkan planet ke Matahari selama revolusi dalam waktu yang sama menempuh luasan yang sama.”
hukum kepler 2
Waktu yang dibutuhkan planet untuk berevolusi dari A – B, sama dengan waktu yang dibutuhkan planet untuk berevolusi dari C – D, dan E – F.Luasan yang dibentuk AMB, sama dengan luasan yang dibentuk CMD, dan EMF.

Hal ini dapat terjadi karena pergerakan peredaran planet lebih cepat saat berada dekat dengan Matahari, dan semakin lambat pergerakan peredarannya saat planet berada jauh dari Matahari. Kecepatan edar Bumi pada bulan Januari sekitar 30,2 km/detik, dan pada bulan Juli sekitar 29,2 km/detik.

Hukum Kepler III

Hukum Kepler III berbunyi :
“Kuadrat kala revolusi planet sebanding dengan pangkat tiga jarak rata – rata planet ke Matahari.”
Dari bunyi Hukum Kepler di atas, kita dapat membuat persamaan untuk menentukan waktu yang dibutuhkan planet untuk berevolusi terhadap Matahari seperti berikut ini

Keterangan :
  • Ta = Periode revolusi planet a
  • Tb = Periode revolusi planet b
  • Ra = Jarak rata – rata planet a ke matahari
  • Rb = Jarak rata – rata planet b ke matahari
Itulah pengertian Hukum Kepler I, II dan III yang dapat saya bagikan kepada anda. Semoga ilmu diatas bermanfaat untuk anda. 

1 komentar:

makasih atas infonya makasih banget baru dikasih tugas ini

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik artikel diatas. Terima kasih atas komentarnya