Contoh Teks Eksposisi Bahasa Indonesia

Teks Eksposisi Dampak Sosial Media Dikalangan Remaja - Berhubung kemarin guru bahasa indonesia saya memberi saya tugas untuk membuat teks eksposisi tentang dampak positif media sosial di kalangan remaja. Maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikannya kepada Anda. Semoga dengan saya membagikan PR ini, Anda bisa mengkoreksi dimana kesalahan saya. Berikut adalah teksnya.

media sosial

Penyataan Pendapat
Media sosial merupakan situs dimana seseorang dapat membuat webpage pribadi dan terhubung dengan setiap orang yang tergabung dalam media sosial yang sama untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi feedback secara terbuka, memberi komentar, serta memberi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Dalam media sosial tidak ada batasan ruang dan waktu, mereka dapat berkomunikasi kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Dengan media sosial, kita juga bisa saling sharing ilmu. Di era modern ini, media sosial juga sering dimanfaatkan untuk media promosi usaha dan bisnis penggunanya. Media sosial terhitung lebih murah dibanding dengan media lainnya untuk berkomunikasi. Terlepas dari itu semua, media sosial tetaplah sebuah tempat untuk bersosialisasi secara online yang mempunyai dampak positif dan negatif yang mana dampak itu ditentukan sendiri oleh penggunanya.

Argumentasi 1
Media sosial sangat bermanfaat sekali untuk mempererat komunikasi dan silahturahmi. Dengan media sosial ini, seseorang dapat berkomunikasi kapanpun dan dimanapun. Media sosial sangat membantu sekali bagi seseorang yang mempunyai keluarga atau kerabat yang yang berjauhan tempat tinggalnya. Hanya dalam dalam hitungan detik pesan yang mereka sampaikan bisa sampai pada penerima. Bahkan dengan media sosial ini, seseorang dapat bertatap muka dengan bantuan kamera pada gadget.

Argumentasi 2
Media sosial merupakan sarana komunikasi yang murah. Dibanding dengan media lainnya, seperti surat pos atau telepon, media sosial terhitung lebih murah untuk digunakan sebagai sarana komunikasi. Hal ini dikarenakan media sosial menggunakan akses jaringan internet, yang mana tarif dari jeringan internet ini lebih murah (khususnya di Indonesia). Ini sangat tepat sekali untuk remaja yang mayoritas masih meminta uang saku dari orangtua.

Argumentasi 3
Media sosial dapat memperluas jaringan pertemanan. Sebelum adanya media sosial, seseorang hanya dapat menghubungi orang yang mereka kenal saja pada kontak mereka. Namun dengan hadirnya media sosial ini, mereka dapat menambah teman baru dari seluruh penjuru dunia. Meskipun sebagian besar diantaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.

Argumentasi 4
Media sosial dapat menumbuhkan jiwa sosial penggunanya. Biasanya pengguna media sosial akan merespon apa yang dipublikasin oleh pengguna media sosial lain. Dengan ini jiwa sosial, seperti simpati dan empati mereka akan terus tumbuh. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman yang berulang tahun, mengomentari foto, video, atau status teman mereka.

Argumentasi 5
Menggunakan media sosial dapat menambah informasi, wawasan dan pengetahuan para remaja. Dewasa ini banyak sekali instansi – instansi pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan lainnya bermunculan di media sosial. Dengan hadirnya mereka di media sosial, maka kita akan lebih mudah untuk mengetahui informasi, wawasan, atau materi yang mereka bagikan di akun media sosial mereka. Tak ketinggalan juga, sekarang banyak sekali portal berita yang dahulunya hanya mencetak koran, sekarang mereka juga membuka situs dan menghubungkannya ke media sosial. Dengan demikian pengguna media sosial akan lebih mudah mendapatkan wawasan baru dari portal – portal berita tersebut. Ini sangat bermanfaat sekali bagi para remaja yang masih dalam proses belajar.

Argumentasi 6
Media sosial menyediakan ruang untuk remaja berpikir positif. Penggunaan media sosial saat ini sudah banyak digunakan oleh tokoh agama, ulama, ataupun motivator. Hal ini akan menambah suntikan moral dan dapat mengubah cara berpikir remaja menjadi lebih dewasa. Karena memang pada umumnya remaja memang masih labil sehingga perlu motivasi dan suntikan moral untuk dapat mengubah cara pandang berpikirnya.

Argumentasi 7
Media sosial menjadikan remaja termotivasi untuk mengembangkan dirinya. Semakin banyak teman dalam akun sosial mereka, maka akan semakin banyak juga pengalaman atau kisah – kisah dari teman mereka yang sampai kepadanya. Tak jarang kisah – kisah tersebut merupakan kisah – kisah sukses yang penuh inspirasi. Hal ini dapat membuat remaja yang membacanya menjadi termotivasi untuk mengembangkan dirinya agar sukses seperti kisah yang ia baca.

Argumentasi 8
Madia sosial sebagai sarana untuk promosi usaha dan bisnis yang murah. Masa remaja merupakan masa dimana seseorang akan mencari jati dirinya dan selalu mengembangkan diri. Bagi mereka yang ingin menjadi pengusaha, bisanya mereka akan selalu mencoba untuk menghasilkan produk semenjak mereka remaja. Dengan adanya media sosial ini, mereka dapat mempromosikan dan membesarkan produk usahanya.

Pernyataan ulang pendapat :
Media sosial merupakan suatu situs dimana seseorang dapat membuat akun (webpage) pribadi untuk berhubungan dengan orang lain dalam media sosial yang sama. Media sosial mempunyai dampak negatif dan dampak positif bagi remaja sebagia pengguna terbesar. Dampak akibat dari media sosial tersebut ditentukan oleh remaja itu sendiri dalam memakai media sosial. Berikut adalah dampak positif dari media sosial dikalangan remaja :
  1. Media sosial sangat bermanfaat untuk mempererat komunikasi dan silahturahmi.
  2. Media sosial membuat remaja hemat namun tetap dapat berkomunikasi jarak jauh
  3. Media sosial dapat memperluas jaringan pertemanan remaja.
  4. Media sosial dapat menumbuhkan jiwa sosial remaja.
  5. Media sosial sebagai sarana untuk mencari informasi, wawasan, dan pengetahuan bagi remaja.
  6. Media sosial menyediakan ruang bagi remaja untuk berpikir positif.
  7. Media sosial membuat remaja termotivasi untuk mengembangkan dirinya.
  8. Media sosial sebagai sarana promosi usaha dan bisnis remaja.
Disqus Comments