Penulisan Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

Penulisan Daftar Pustaka yang Baik dan Benar - Pernahkah anda membuat sebuah karya tulis ilmiah, karya tulis ilmiah atau biasa yang disebut dengan karya ilmiah yang dimaksud disini bermacam-macam sekali dan pada umumnya adalah suatu tulisan yang mengacu pada bidang pendidikan, misalnya saja makalah, buku, artikel, skripsi dan lain sebagainya.

Namun untuk membuat suatu tulisan karya ilmiah yang baku, baik dan benar pada umumnya memiliki aturan penulisan yang banyak sekali salah satunya adalah dengan melengkapi karya ilmiah anda dengan daftar pustaka, tentunya karya ilmiah yang anda buat sangat dianjurkan untuk melengkapi dengan daftar pustaka bukan.

Lalu apakah itu daftar pustaka ?

Pengertian daftar pustaka

Menurut Wikipedia Daftar Pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis. Daftar Pustaka ada pada semua jenis karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, artikel dan sebagainya.
Setelah anda mengetahui pengertian tentang daftar pustaka tentunya anda bertanya-tanya apasih manfaat penulisan daftar pustaka dalam suatu karya ilmiah atau tulisan dan jika tidak membuat daftar pustaka dampak negatifnya apa saja terhadap suatu tulisan atau karya ilmiah yang kita buat.

Manfaat penulisan daftar pustaka

Dengan membaca pengertian daftar pustaka diatas sebenarnya telah dapat kita ketahui sebenarnya apa saja manfaat dari penulisan daftar pustaka pada suatu tulisan atau karya ilmiah yang kita buat, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa manfaat penulisan daftar pustaka terhadap tulisan atau karya ilmiah yang kita buat adalah :
  • Menginformasikan kepada pembaca tentang suatu rujukan tentang beberapa kata atau beberapa paragraf dalam suatu tulisan kita diambil dari sumber lain, sumber tersebut bisa saja buku, literatur, makalah, majalah bahkan suatu karya ilmiah yang telah diterbitkan sebelumnya.
  • Untuk memberikan informasi secara detail mengenai buku atau sumber rujukan isi suatu karya ilmiah, biasanya tercantu nama pengarang, judul buku, tahun terbit, penerbit dan informasi yang berkaitan dengan sumber lainnya.
  • Sebagai salah satu syarat kode etik penulisan karya ilmiah
  • Sebagai penghargaan terhadap penulis terdahulu dari suatu sumber tulisan kita.

Ada banyak sekali manfaat terhadap penulisan daftar pustaka ini dan jangan sampai anda anggap tidak penting karena sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah anda harus benar-benar menuliskan daftar pustaka pada suatu karya ilmiah anda dengan baik dan benar karena jika anda menulis suatu karya ilmiah namun hanya asal comot atau copy paste dan tidak mencantumkan sumber-sumber rujukan dari tulisan karya ilmiah yang telah anda buat akibatnya akan fatal sekali dan memiliki dampak yang buruk terhadap hasil karya ilmiah yang telah anda buat.

Dampak buruk jika tidak membuat daftar pustaka dalam suatu karya ilmiah

Setiap orang yang akan membuat suatu karya ilmiah tentunya adalah orang yang terpelajar dan memiliki pendidikan tinggi, misalnya saja seorang proffesor, dosen atau mahasiswa tingkat akhir, jika anda termasuk orang yang demikian tentunya anda memiliki suatu integritas dan loyalitas tinggi bukan terhadap status orang terpelajar yang anda miliki, lalu bagaimana jika anda seseorang yang terpelajar dan berpendidikan tinggi dalam membuat suatu karya ilmiah anda hanya membuat seenaknya saja tanpa mengikuti kaidah dan aturan penulisan suatu karya ilmiah termasuk dalam penulisan daftar pustaka ini.

Setelah anda mengetahui pengertian, manfaat dan dampak negatif jika tidak menuliskan daftar pustaka, tentunya anda sangat penasaran sekali bukan bagaimana sebenarnya penulisan daftar pustaka yang baik dan benar ini.

Baiklah untuk membantu teman-teman semua dalam melengkapi salah satu syarat penulisan karya ilmiah yang baik dan benar dengan adanya daftar pustaka ini akan saya bahas juga tentang penulisan daftar pustaka yang baik dan benar sesuai dengan aturan dan kaidah penulisan daftar pustaka pada umumnya.

Namun sebelum anda memulai menulis daftar pustaka alangkah baiknya anda mengetahui dan memahami terlebih dahulu sebenarnya bagaimana sih aturan penulsan daftar pustaka yang baik dan benar itu.

Aturan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar

  • Nama pengarang dituliskan telebih dahulu jika penulisnya banyak diurutkan dari nama awalan A-Z.
  • Tuliskan tanda titik sebagai penghubung antara informasi buku kemudian tulis tahun terbit buku.
  • Tuliskan tanda titik lagi kemudian tulis judul buku, judul buku bisa di cetak miring, tebal atau bergaris bawah.
  • Tuliskan titik lagi kemudian tuliskan nama kota tempat buku diterbitkan.
Setelah mengetahui aturan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar kini saat nya kita memulai menulis daftar pustaka yang baik dan benar ini, untuk lebih mempermudah teman-teman menulis daftar pustaka sendiri berikut dibawah ini akan saya bagikan juga cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar beserta contohnya.

Cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar beserta contohnya

Cara penulisan daftar pustaka sejatinya bermacam-macam dan banyak sekali jenisnya tergantung dari sumber tulisan yang anda ambil untuk karya tulis ilmiah berasal dari mana, misalnya saja anda mengambil sumber rujukan dari buku cetak, buku pelajaran, makalah terdahulu, surat kabar, majalah ataupun dari internet, berikut di bawah ini akan dijelaskan cara dan contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar berdasarkan sumber rujukan tulisan yang anda ambil.

1. Contoh daftar pustaka bersumber dari buku

Dalam penulisan daftar pustaka yang harus anda ketahui bahwa biasanya terdapat masalah atau terdapat bagian yang sangat membingungkan sekali bagi kita misalnya saja, jumlah pengarang nya lebih dari satu orang, nama pengarangnya lebih dari satu kata, nama pengarangnya memiliki gelar, terdapat bagian penting yang tidak tercantum pada sumber misalnya tahun terbitnya tidak tersedia dan lain sebagainya, namun anda tenang saja karena masalah tersebut bisa terpecahkan dan tanpa mengurangi keakuratan suatu daftar pustaka yang nanti anda buat dengan memahai sulusi di bawah ini :

  • Penulisan daftar pustaka jika pengarang lebih dari satu orang
  • Penulisan daftar pustaka jika nama pengarang lebih dari satu suku kata
  • Penulisan daftar pustaka jika nama pengarang memiliki gelar
  • Penulisan daftar pustaka jika terdapat bagian informasi sumber yang tidak tersedia
Berikut adalah beberapa tips dan cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar, untuk materi lainnya dapat diakses disini, sampai jumpat dimateri selanjutnya.
Disqus Comments