Blog Tentang Pengetahuan dan Dunia Pendidikan

Thursday, October 16, 2014

Cara Membuat Kotak Pensil Dari Botol Bekas

Membuat kotak pensil dari botol bekas

Setelah pada artikel sebelumnya admin telah membagikan cara membuat pot gantung dari botol bekas. Maka kali ini admin juga ingin membagikan cara mengurangi sampah botol plastic dengan cara mendaur ulangnya. Daur ulang sampah botol platik kali ini admin memilih untuk mengubah menjadi kotak pensil. Bagaimana tertarik untuk membuat kotak pensil dari botol bekas?

Kotak pensil hasil daur ulang botol plastik
 www.sapakabar.blogspot.com
Sebelumnya kita review dahulu bagaimana dampak sampah plastic ini bagi kehidupan kita. Tidak hanya membuat kesan tidak enak saat dipandang, sampah palstik ini merupakan sampah yang sangat sulit diuraikan oleh tanah. Butuh waktu puluhan bahkan ratusan tahun bagi tanah untuk dapat menguraikannya. Maka dari itu, mendaur ulang sampah plastic, merupakan sebuah hal positif yang dapat kita lakukan. Nah, bagaimana cara membuat kotak pensil dari botol plastic bekas ini? berikut adalah tutorialnya :

Alat dan bahan untuk membuat kotak pensil dari botol bekas


  • Botol bekas
  • Kain flannel
  • kain perca dengan motif yang unik kalau bisa.
  • Lem tembak atau lem kain.
  • Gunting.

Cara membuat kotak pensil dari botol bekas

  1. Pertama, potong botol menjadi dua bagian. Usahakan bagian bawah jangan terlalu tinggi dan jangan pula terlalu rendah, sesuai dengan tinggi pensil dan bollpoint anda saja.   daur ulang botol plastik
  2. Tempelkan kain perca melingkar pada ujung atas potongan botol bawah dengan menggunakan lem tembak atau lem kain lainnya.
    daur ulang botol plastik
  3. Buatlah pola kupu – kupu dengan menggunakan kain flannel, buatlah kupu – kupu ini seindah mungkin menurut anda.
  4. Tempelkan kupu – kupu dari kain flannel tersebut pada bagian botol yang nantinya akan dijadikan depan. 
    daur ulang botol plastik
  5. Sekarang masukkan pensil anda kedalam kotak pensil anda yang baru ini. Hasilnya dapat anda lihat seperti pada gambar diawal tutorial ini. Silahkan jika anda masih kurang paham baiamana cara membuatnya, lihat saja video yang satu ini


Itulah cara membuat kotak pensil dari botol bekas yang dapat anda coba. Semoga dengan kegiatan daur ulang diatas, jumlah sampah yang ada disekitar kita semakin berkurang. Semoga kegiatan kiatas juga dapat menghemat pengeluaran anda untuk membeli kotak tempat pensil. Kesempatan juga bagi anda, jika anda percaya diri dengan hasil daur ulang anda ini, anda daoat menjualnya. Sekian tutorial daur ulang kali ini dan terima kasih, jangan lupa juga untuk mempraktekannya. 

1 komentar:

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik artikel diatas. Terima kasih atas komentarnya