Blog Tentang Pengetahuan dan Dunia Pendidikan

Tuesday, February 9, 2016

Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli


Definisi sosiologi atau pengertian dari sosiologi lebih dikenal secara umum sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

Yang dimaksud dari ilmu pengetahuan tentang masyarakat itu sendiri adalah mempelajari perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya.

Kelompok tersebut mencakup keluarga, suku bangsa, negara, dan berbagai organisasi politik, ekonomi, sosial.

Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.


Pitirim Sorokin      Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral).      Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial.      dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.  Roucek dan Warren Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.   William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf  Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.   J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers  Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.   Max Weber  Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.   Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi  Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.   Paul B. Horton  Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.   Soejono Soekanto  Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.   William Kornblum  Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.   Allan Jhonson  Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut memengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya memengaruhi sistem tersebut.


Pitirim Sorokin
  1. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral). 
  2. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial. 
  3. dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

Roucek dan Warren
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.
William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf
Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.
J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
Max Weber
Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.
Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.
Paul B. Horton
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
Soejono Soekanto
Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.
William Kornblum
Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.
Allan Jhonson
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut memengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya memengaruhi sistem tersebut.

Jika kita perhatikan beberapa definisi dari para ahli, kita dapat menyimpukan secara  singkat bahwa Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

Untuk dapat lebih mudah mengartikannya secara luas, Anda bisa membaca ruang lingkup sosiologi yang menjadi beberapa subdisiplin. 

Ruang Lingkup Sosiologi

  1. Sosiologi pedesaan
    Sosiologi pedesaan adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari kehidupan di lingkungan pedesaan.
    NB : Baca lebih lengkap pada artikel Sosiologi pedesaan
  2. Sosiologi industri
    Sosiologi industri adalah cabang ilmu sosiologi yang mengkaji hubungan antara fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat dengan kegiatan industri.
    NB : Belum ada artikel lengkap mengenai Sosiologi industri
  3. Sosiologi perkotaan
    Sosiologi perkotaan adalah studi sosiologi tentang kehidupan sosial dan interaksi manusia di wilayah metropolitan.
    NB : Belum ada artikel lengkap mengenai Sosiologi perkotaan
  4. Sosiologi medis
    Sosiologi medis merupakan cabang dari sosiologi yang memfokuskan pada pelestarian ilmu kedokteran dalam masyarakat modern.
    NB : Belum ada artikel lengkap mengenai Sosiologi medis
  5. Sosiologi wanita
    Lahir dan berkembangnya sosiologi wanita, di mana sejarah perintisannya sejalan dengan perkembangan gerakan feminisme yang dipelopori oleh MaryWollstonecraft dalam bukunya "A Vindication of The Right of Woman"(1779), kendati akar–akar historisnya dapat dilacak sejak lahirnya sosiologi sebagai disiplin akademik.
    NB : Belum ada artikel lengkap mengenai Sosiologi wanita
  6. Sosiologi militer
    Bidang kajian ini menyoroti angkatan bersenjata sebagai suatu organisasi bertipe khusus dengan fungsi sosial spesifik (Bredow, 2000: 664).
    NB : Belum ada artikel lengkap mengenai Sosiologi militer
  7. Sosiologi keluarga
    Sosiologi keluarga adalah mempelajari pembentukan dan perkembangan keluarga, bentuk keluarga, fungsi dan struktur keluarga, arah perkembangan keluarga pada masa mendatang.
    NB : Belum ada artikel lengkap mengenai Sosiologi keluarga
  8. Sosiologi pendidikan
    Sosiologi pendidikan merupakan bidang kajian sosiologi yang perintisannya selalu dikaitkan dengan sosiolog pendidikan bernama Lester Frank Ward pada tahun 1883, yang menegaskan bahwa untuk memperbaiki masyarakat diperlukan pendidikan (Ballantine, 1983: 11).
    NB : Belum ada artikel lengkap mengenai Sosiologi pendidikan
  9. Sosiologi seni
    Istilah sosiologi seni (sociology of art) digunakan dari sosiologi berbagai seni (sociology of art) atau soiologi seni dan literatur (sociology of art and literature).


    NB :
    Belum ada artikel lengkap mengenai
    Sosiologi seni

     
  10. Sosiologi agama
    Sosiologi agama merupakan studi sosiologis yang mempelajari studi ilmubudaya secara empiris, profan, dan positif yang menuju kepada praktik, struktur sosial, latar belakang historis, pengembangan, tema universal,dan peran agamadalam masyarakat (Goddijn, 1966: 36).

    NB :
    Belum ada artikel lengkap mengenai
    Sosiologi agama
Sumber referensi Artikel : Wikipedia
Disunting Oleh : Rohandi Blogger

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik artikel diatas. Terima kasih atas komentarnya