Blog Tentang Pengetahuan dan Dunia Pendidikan

Friday, February 12, 2016

Makanan dan Buahan untuk Penderita Diabetes




Ada 2 tipe diabetes yang memiliki faktor penyebab berbeda. Diabetes melitus tipe 1, yang bisa menyerang anak muda, disebabkan oleh faktor yang berkaitan dengan kerusakan sel dalam pancreas.
makanan dan buahan untuk penderita diabetesDiabetes tipe 2 yang hanya menyerang orang dewasa disebabkan oleh obesitas. 

Penderita diabetes tipe ini mampu menghasilkan insulin, tapi komplikasi diabetes seperti tingginya kadar lemak darah menyebabkan insulin yang dihasilkan tidak cukup. 


Kondisi dimana pankreas bisa menghasilkan insulin, namun sel tubuh tidak mampu menyerap gula darah ini menyebabkan buang air kecil dalam jumlah banyak, rasa haus yang sering dan rasa lemas. Namun untuk dua tipe diabetes tersebut, bisa mengkonsumsi anjuran  makanan untuk diabetes.

Makanan sehat untuk diabetes
  1. Roti gandum:
    Diantara 10 makanan buat diabetes, roti gandumlah yang paling dianjurkan karena kaya akan serat dan nutrisi yang sangat efektif untuk mengurangi resiko diabetes. Sebagai pengganti nasi, roti gandum bisa menghambat pelepasan kadar gula dalam darah.
  2. Oatmeal:
    Meskipun rasanya tidak begitu enak, oatmeal sangat baik untuk penderita diabetes karena berfungsi untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap normal dan memberi energy.
  3. Beras merah:
    Rasa beras merah tidak seenak beras putih, namun mengandung serat dan juga karbohidat sebagai pengontrol gula darah dan sumber energi.
  4. Kacang-kacangan:
    Selain mampu mengontrol kadar gula darah, kacang juga mengandung omega-3 yang berfungsi untuk mengurangi resistensi insulin dalam tubuh.
  5. Ikan:
    Ikan patin, salmon, tuna dan hering juga kaya omega 3 yang bisa memerangi lemak jahat dan memperlancar peredaran di pembuluh areteri.
  6. Cokelat hitam:
    Coklat hitam memiliki kandungan antioksidan falconoid yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi tekanan darah.
  7. Buncis:
    Makanan keenam dari 10 makanan buat diabetes adalah buncis, yang mengandung serat dan nutrisi untuk menjaga kadar gula seusai mengkonsumsi makanan.
  8. Minyak zaitun: Minyak kaya manfaat ini mengandung lemak tak jenuh untuk menjaga kadar gula darah.
  9. Susu olahan:
    Susu olahan yang rendah lemak berfungsi memberi kalsium dan vitamin D untuk meningkatkan ketahanan insulin.
  10. Biji rami:
    Makanan terakhir dari 10 makanan buat diabetes adalah biji rami yang bermanfaat menurunkan kadar gula darah.


Selain jenis makanan untuk diabetes, ternyata ada beberapa buah yang dapat di makan bagi penederita diabetes, diantaranya :
1. Kiwi
  • Kiwi mengandung fruktosa dan serat yang mudah dicerna oleh tubuh, serta memiliki kandungan glikemik yang rendah, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.
  • Kandungan rendah lemak pada buah kiwi dapat membantu kenaikan berat badan penderita diabetes.
  • Kandunganfitonutrient dalam buah kiwi dapat membantu memberikan perlindungan terhadap DNA dari bahaya kerusakan oksigen dalam tubuh.
  • Kandungan vitamin A dan C dalam buah kiwi akan sangat membantu dalam proses penyembuhan diabetes.
2. Plum
Buah ini dapat membantu mengubah pati menjadi energi serta menjaga gula darah dalam tubuh tetap normal karena kandungan glikemik dalam buah plum yang rendah.
Kandungan Plum
  • Kalori 46.0(193 kJ), 2% DV
    • Kalori dari karbohidrat 41.3 (173 kJ)
    • Kalori dari lemak 2.3(9.6 kJ)
    • Kalori dari protein 2.4(10.0 kJ)
Nah kalori dari buah ini juga sangat kecil, per 1000 gram hanya memenuhi 2 % dari kebutuhan harian tubuh. Buah Plum adalah jenis buah untuk diabetes yang aman karena index glikemik yang rendah.
3. Apel
Kandungan indeks glikemik yang rendah pada buah ini sangat baik bagi penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
Kandungan pektin dalam apel dapat membantu mengendalikan gula darah dan fungsi usus, selain itu anti inflamasi yang ada dalam buah ini memungkinkan pemulihan kesehatan si penderita lebih cepat.
4. Aprikot

  • Karena memiliki indeks glikemik yang rendah, memungkinkan buah ini untuk dapat membantu mengontrol dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
  • Kandungan vitamin E pada aprikot berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh
Buah aprikot adalah salah satu jenis buah yang dapat dimanfaatkan oleh para penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol gula darah.
5. Pisang
  • Kandungan dan mineral dalam pisang sangat membantu mengontrol tekanan darah
  • Pisang dapat membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi penderita diabetes.

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik artikel diatas. Terima kasih atas komentarnya