16 Jenis Makanan Pantangan Penderita Diabetes


    Diabetes adalah sejenis penyakit dapat bisa menyerang semua orang. Tidak terkecuali untuk orang sebelumnya tidak memiliki riwayat diabetes dalam keluarga. Gejala awal selalu ditunjukkan dengan berbagai gejala sering tidak disadari. Penyakit ini bisa menyebabkan tubuh mengalami resistensi insulin, dimana kelenjar pankreas tidak menghasilkan insulin cukup. Dampaknya bisa menjadi penyebab kadar gula darah di atas 200 sehingga metabolisme tubuh akan mengalami gangguan. Penyakit diabetes memang tidak bisa disembuhkan namun sebenarnya bisa dikendalikan dengan gaya hidup sehat dan pola makan sehat termasuk dengan cara mengobati diabetes paling alami.
      
   







   Berikut adalah Makanan untuk adalah anjuran makanan boleh atau tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, Diabetes makanan sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga.

Ilustrasi pantangan makanan
Ilustra

                                 
Penderita dilarang untuk makan-makanan sembarangan. Untuk itu perlu pengawasan dari orang-orang sekitar dan lebih penting adalah kesadaran diri untuk menjaga pola makannya sehari-hari, mengingat penyakit diabetes ini disebabkan oleh naiknya kadar gula dalam darah, dimana kadar gula tersebut bersumber dari asupan makanan dimakan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa "pantangan penderita diabetes" :


1.   Permen
Makanan pertama harus dihindari adalah makanan manis jenis permen. Mungkin makanan ini terkesan sepele, namun sebenarnya makanan ini amat membahayakan penderita diabetes, sebab permen merupakan makanan tinggi kadar gula.

2.    Jus

Jenis makanan ini harus dihindari kedua adalah beberapa jenis jus. Hindari untuk mengkonsumsi jus buah mengandung banyak gula. Perlu untuk anda ketahui kelebihan gula bagi penderita diabetes bukan hanya menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi meningkat tajam, namun juga dapat membuat berat badan penderita melonjak drastis.

3.   Toping kue

Diabetes makanan harus dihindari ketiga adalah aneka toping. Toping pada kue bukan hanya berfungsi sebagai pemanis mata, namun kadang toping juga mempengaruhi rasa (manis) pada kue atau makanan lain anda makan otomatis akan masuk dalam tubuh dan mengakibatkan kadar gula dalam darah naik. Alangkah lebih baik anda menghindari kue dengan toping terlalu manis, atau lebih baik lagi anda tidak lagi memakan kue.

4.   Pancake

Pancake tidak hanya mengandung tepung mempunyai kualitas rendah, namun juga mengandung bahan seperti mentega (sumber lemak jahat), dan gula pasir jelas dapat membuat kadar gula dalam darah seorang penderita diabetes meningkat.

5.   Kentang goreng
Makanan jenis kentang goreng ini sangat mengandung minyak tinggi. Makanan ini dapat diibaratkan dengan malapetakan penderita diabetes.

6.   Keju-susu
Makanan jenis keju dan susu adalah diabetes makanan pantangan perlu dihindari. Kedua makanan tersebut dapat menambah keburukan pada resistensi insulin penderita diabetes.





7.   Jus Buah Kemasan

Jus buah kemasan yang dijual ditoko makanan dan supermarket memang terlihat lezat. Terlebih jika didinginkan yang bisa membuat penderita diabetes tertarik untuk meminumnya. Namun semua jenis jus buah kemasan sebaiknya tidak diminum oleh penderita diabetes. Jus buah kemasan mengandung rasa manis dari gula atau bahan pemanis. Selain itu semua jus buah kemasan pasti menggunakan bahan pengawet yang bisa menjadi racun untuk tubuh. Beberapa buah kemasan juga ditambah dengan soda sehingga bisa membuat metabolisme tubuh terganggu.

8.   Susu dengan Lemak
            
Ketika penderita diabetes memilih susu maka seharunya susu yang dipilih adalah jenis susu rendah lemak. Namun banyak penderita diabetes yang lebih sering minum susu dengan lemak atau susu dengan krim. Susu bisa menyebabkan kenaikan kadar gula yang sangat cepat sehingga termasuk pantangan diabetes. Selain itu susu dengan lemak mengandung lemak jenuh tinggi yang bisa menyebabkan masalah komplikasi akibat resistensi insulin dalam tubuh termasuk bahaya diabetes. Selain itu beberapa produk yang menggunakan susu dengan lemak atau krim memang tidak boleh dikonsumsi. Beberapa produk makanan ini termasuk seperti es krim, yogurt dengan lemak, keju dan krim.

9.   Kue yang Dipanggang

Kue yang dipanggang sering menjadi makanan lezat untuk makan pagi atau saat sore hari. Namun kue yang dipanggang menggunakan beberapa bahan yang bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Beberapa bahan ini termasuk seperti tepung putih, telur, mentega, pengembang, gula, minyak, coklat dan garam. Semua bahan ini mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, gula tinggi dan juga lemak jenuh. Jika dikonsumsi berlebihan maka menyebabkan penderita diabetes bisa memiliki gula darah yang tinggi. Selain itu kue yang dipanggang juga menyebabkan efek rasa lapar setelah makan sehingga tubuh justru bisa menerima banyak makanan.

10. Semua Jenis Minuman Ringan


Semua jenis makanan ringan atau makanan kemasan sebaiknya juga tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan kemasan memiliki beberapa bahan yang berbahaya untuk penderita diabetes, seperti bahan pemanis, bahan pengawet, MSG dan garam. Semua bahan ini bisa menyebabkan resiko penderita diabetes terkena penyakit lain seperti tekanan darah tinggi. Makanan yang memiliki rasa gurih dan asin juga menyebabkan kecanduan karena sulit untuk berhenti makan. Sebagai gantinya maka sebaiknya penderita diabetes lebih baik memilih makanan dari kacang-kacangan atau biji-bijian yang diolah secara alami.

11.  Hamburger

Hamburger juga termasuk salah satu jenis makanan yang dilarang untuk penderita diabetes. Hamburger termasuk salah satu jenis makanan cepat saji yang banyak disukai. Makanan ini terdiri dari roti putih, daging, keju, dan beberapa jenis sayuran sesuai dengan selera. Kandungan lemak jenuh dalam hamburger menyebabkan makanan ini sangat berbahaya untuk penderita diabetes. Bahkan hamburger bisa menyebabkan kolesterol dalam tubuh menjadi sangat tinggi sehingga beberapa keluhan komplikasi juga akan meningkat.

12. Ayam Goreng

Ayam goreng menjadi makanan yang paling sering dikonsumsi karena rasanya yang lezat. Namun penderita diabetes sebaiknya hanya mengkonsumsi daging ayam yang dimasak dengan cara di kukus, direbus, sup, atau dipanggang. Ayam goreng mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Kemudian kandungan garam sebagai bumbu utama juga sangat buruk untuk kesehatan. Karena itu sebaiknya ayam goreng memang tidak dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes.

13. Semua Jenis Daging Olahan

Daging olahan adalah jenis yang sudah diproses dengan tujuan agar bisa lebih awet dan dikonsumsi dengan lebih mudah. Umumnya daging yang diproses mengandung beberapa bahan tambahan seperti garam dan pengawet makanan. Semua daging yang diproses sangat buruk untuk penderita diabetes. Daging olahan juga kemungkinan bisa terkontaminasi dengan bakteri seperti salmonella. Nitrit yang didapatkan dalam proses pengawetan daging bisa menyebabkan dampak serius untuk tubuh karena menjadi racun. Jadi lebih baik untuk menghindari semua jenis daging olahan termasuk untuk yang sudah dimasak di sebagian makanan cepat saji. (baca: bahaya nitrosamine untuk kesehatan)

14. Kentang Goreng

Makan kentang goreng menjadi budaya camilan ketika mendatangi gerai makanan cepat saji atau restoran. Kentang merupakan termasuk makanan yang sering disarankan untuk pengganti nasi bagi penderita diabetes. Namun kentang untuk penderita diabetes sebaiknya hanya dikukus atau direbus. Kentang goreng sudah mengandung minyak yang sangat buruk untuk tubuh dan juga garam. Beberapa kentang goreng juga ditambahkan dengan bahan perasa makanan secara langsung. Kentang goreng lebih banyak membawa dampak buruk untuk kesehatan bagi penderita diabetes. Lebih baik jika hanya makan kentang rebus atau kentang kukus saja.

15. Coklat

Seringkali penderita diabetes banyak yang bertanya, bolehkan makan coklat? Coklat memang diperbolehkan untuk penderita diabetes namun dalam jumlah yang sangat terbatas. Coklat mengandung kalori tinggi, lemak jenuh, teobromin dan kafein. Selain itu beberapa jenis coklat olahan juga mengandung mentega, garam dan bahan perasa makanan lain. Kandungan lemak jenuh dalam coklat bisa merusak kerja insulin dalam tubuh karena menghambat darah dalam peredaran darah. Kemudian juga bisa meningkatkan kolesterol. Kafein bisa menyebabkan penderita diabetes mengalami diuretik sehingga juga terkena resiko dehidrasi.

16. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang sering disukai karena mudah didapatkan dan tersedia dengan cepat. Anda tidak perlu memasak sendiri makanan cepat saji sehingga selalu menjadi solusi ketika tidak mau memasak. Namun semua jenis makanan cepat saji sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan cepat saji mengandung banyak kalori termasuk karbohidrat, lemak dan gula. Bahkan proses pengolahan makanan cepat saji sering menggunakan minyak yang mengandung banyak lemak. Kemudian bumbu seperti perasa makanan dan garam digunakan sebagai bahan bumbu utama. Pada dasarnya makanan cepat saji bisa menyebabkan komplikasi untuk penderita diabetes.
     Dari 16 Jenis Macam Pantangan Penderita Diabetes berikut, maka :

Tips Makanan untuk Penderita Diabetes :

  1. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang terdiri dari sayuran yang tidak mengandung tepung seperti brokoli, kembang kol, seledri dan buncis.
  2. Biasakan untuk menghindari makanan yang mengandung garam dan lemak tinggi termasuk untuk semua jenis makanan beku atau daging olahan.
  3. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang terdiri dari biji-bijian dan gandum untuk membantu tubuh mendapatkan serat.
  4. Hindari semua jenis makanan yang mengandung gula, gula pemanis atau semua bahan pengawet.
  5. Anda bisa mengkonsumsi daging yang mengandung protein tinggi seperti ikan laut atau ikan yang diternakkan sebanyak dua kali dalam seminggu.
  6. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kedelai karena mengandung protein tinggi namun proses pengolahan makanan tidak boleh menggunakan minyak dan garam.
  7. Jika ingin makan daging ayam atau daging sapi maka buang semua bagian daging yang mengandung lemak.
  8. Konsumsi berbagai jenis buah yang mengandung antioksidan tinggi seperti stroberi, raspberry, kiwi, apel dan jeruk. Hindari semua olahan buah dan buah yang mengandung kalori tinggi.
  9. Hindari semua jenis susu dan produk susu dalam kaleng dan lebih baik untuk memilih susu yang mengandung rendah lemak dan tinggi kalsium.
  10. Hindari semua jenis minuman yang mengandung krim dan olahan krim.
  11. Gantikan asupan lemak jenuh menjadi lemak sehat dari buah alpukat, ikan yang kaya dengan omega 3, zaitun dan kacang-kacangan.
  12. Hindari semua jenis makanan yang mengandung kalori tinggi termasuk seperti es krim.
Disqus Comments